Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal.

Empat Tewas dalam Serangan Gereja di Burkina Faso

Internasional terorisme
Marcheilla Ariesta • 27 Mei 2019 06:59
Toufle: Aksi penyerangan terjadi di sebuah gereja Katolik di Burkina Faso utara, Afrika Barat. Empat orang tewas dalam serangan tersebut.
 
"Komunitas Kristen Toufle yang sedang beribadah Minggu adalah target serangan teroris. Serangan itu menewaskan empat orang Kristen," kata Uskup Ouahigouya, Justin Kientega, daalm sebuah pernyataan, dilansir dari AFP, Senin, 27 Mei 2019.
 
Sebelumnya, sumber keamanan mengatakan tiga orang tewas dalam serangan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut saksi mata, pelaku penyerangan menggunakan senjata. Mereka menyerang acak orang-orang yang beribadah.
 
"Orang-orang bersenjata berat menyerang gereja ketika umat tengah beribadah misa Minggu," kata sumber keamanan tersebut.
 
Warga mengatakan serangan tersebut menyebabkan kepanikan. "Banyak warga berusaha mencari perlindungan di rumah mereka atau di semak-semak," imbuh sumber itu.
 
Pekan lalu, orang-orang bersenjata juga membunuh empat orang Katolik dalam prosesi keagamaan. Insiden tersebut terjadi usai seorang imam dan lima umat paroki dibunuh massal.
 
Populasi Burkina Faso adalah sekitar dua pertiga Islam dan sepertiga lainnya Kristen. Negara semi-gurun ini semakin menderita ketika kelompok militan Ansarul Islam, Kelompok Pendukung Islam dan Muslim (GSIM) dan Islamic State (ISIS) mulai masuk ke Sahara Besar.
 
Serangan itu dimulai pada 2015 di utara negara itu. Hampir 400 orang tewas sejak saat itu.
 
Kelompok-kelompok jihadis menargetkan untuk melibas pendeta Kristen dan ulama Muslim yang dianggap tidak cukup radikal. Prancis hingga mengerahkan 4.500 tentara untuk mengusir para militan ini dari Burkina Faso, Niger, Mali, dan Chad.
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif