Ilustrasi banjir dan tanah longsor. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi banjir dan tanah longsor. (Foto: Medcom.id)

Ratusan Orang Terjebak Banjir di Pulau Selandia Baru

Internasional selandia baru
Willy Haryono • 04 Februari 2020 15:04
South Island: Sekelompok turis termasuk dari ratusan orang yang terjebak banjir di wilayah South Island, Selandia Baru. Sebagian pulau tersebut dilanda hujan deras dalam 60 jam terakhir, yang membuat sejumlah sungai meluap dan membuat airnya tumpah ke jalanan.
 
Badan Meteorologi Selandia Baru memprediksi curah hujan antara 200 hingga 300 milimeter diperkirakan dapat memicu banjir dalam beberapa hari ke depan.
 
Status darurat telah dideklarasikan di Southland, South Island, per hari ini, Selasa 4 Februari 2020. Satu hari sebelumnya, deklarasi serupa disampaikan di destinasi wisata Milford Sound.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa dari mereka yang terperangkap banjir masih bisa bermalam di penginapan yang berada di dataran tinggi. Sementara sebagian lainnya memilih tidur di dalam kapal wisata.
 
"Mereka mempunyai banyak makanan, dan saat ini semuanya berada dalam kondisi aman," kata petugas badan manajemen darurat South Island, Angus McKay, dikutip dari Sky News.
 
Hari ini, sekitar 30 turis telah diselamatkan dari Howden Hut dengan menggunakan helikopter. Area tersebut sempat diterjang tanah longsor pada dini hari, yang membuat dua orang mengalami luka ringan.
 
Sebanyak 70 orang lainnya telah dievakuasi dari State Highway 94, sebuah ruas jalan raya satu-satunya yang dapat digunakan untuk mencapai Milford Sound. Jalan tersebut sempat ditutup karena banjir.
 
Senin kemarin, total 382 orang terperangkap di South Island. Namun hingga Selasa petang waktu Selandia Baru, jumlahnya berkurang hingga sekitar 195.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif