Tiga Warga Palestina Tewas Ditembak di Perbatasan Gaza
Seorang warga Palestina melemparkan batu ke arah pasukan Israel di sepanjang perbatasan Gaza, 5 Oktober 2018. (Foto: AFP/ANAS BABA)
Gaza: Tiga warga Palestina, termasuk bocah berusia 14 tahun, tewas ditembak pasukan Israel di perbatasan Jalur Gaza, Jumat 5 Oktober 2018, dalam bentrokan yang diawali dengan unjuk rasa. Ini merupakan bentrokan yang terjadi kesekian kalinya di perbatasan Gaza-Israel sejak Maret lalu.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf al-Qudra mengatakan Fares Hafes al-Sersawi, 14, dan Mahmud Akram Mohammed Abu Samane, 24, tewas ditembak di bagian dada saat terlibat bentrok di timur Gaza.

Sementara Hussein al-Rakab, 28, meninggal dunia usai ditembak di bagian kepala dekat Khan Yunis di selatan Jalur Gaza.


Seperti dikutip dari kantor berita AFP, data Kemenkes Gaza mencatat 376 orang terluka dalam bentrokan terbaru, termasuk 126 yang mengalami luka tembak. Tujuh korban luka berada dalam kondisi kritis, satu dari mereka adalah relawan medis.

Baca: Israel Serang Gaza, Seorang Bayi Dilaporkan Tewas

Militer Israel menyebut sekitar 20 ribu warga Palestina berunjuk rasa di beberapa titik di sepanjang perbatasan Gaza. Mereka mengklaim demonstran melemparkan granat, bahan peledak dan batu ke arah personel militer di balik pagar pembatas yang memisahkan Gaza dengan Israel.

Israel merespons aksi pengunjuk rasa dengan peluru tajam, dan pesawat jet tempur melakukan dua serangan di Gaza.

Kemenkes Gaza mencatat sedikitnya 198 warga Palestina tewas terkena serangan Israel di Gaza sejak 30 Maret. Sementara di kubu Israel, satu prajurit tewas terkena tembakan penembak jitu Palestina.

Tel Aviv mengklaim kelompok militan Hamas sengaja memanfaatkan unjuk rasa ini untuk menyerang Israel. Hamas juga dituduh menggunakan para pengunjuk rasa -- termasuk anak-anak -- dalam berperang dengan Israel.

Sejak 2008, Israel telah menjalani tiga perang dengan Hamas yang menguasai Jalur Gaza.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id