Israel Berduka atas Penembakan Sinagoge AS
PM Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: AFP)
Tel Aviv: Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan belasungkawa atas insiden penembakan di sebuah sinagoge di Pittsburgh, Amerika Serikat (AS). Israel menyatakan siap membantu komunitas Yahudi tersebut.

"Seluruh rakyat Israel menyampaikan duka cita kepada keluarga korban yang tewas," kata Netanyahu, dikutip dari Times of Israel, Minggu 28 Oktober 2018.

"Kami berdiri bersama komunitas Yahudi di Pittsburgh, dan bersama rakyat Amerika dalam menghadapi kebrutalan anti-Semit," lanjut dia.


Akibat insiden tersebut, korban tewas berjumlah 11 orang dan enam lainnya terluka. Pelaku diidentifikasi bernama Robert D. Bowers. Ia juga terluka oleh tembakan. Namun tak jelas apakah luka ini akibat tembakan polisi atau dirinya sendiri.

Bowers sendiri merupakan pembenci Yahudi dan Presiden Donald Trump. Di dalam situs Gab.com, Bowers tak ragu menulis bahwa dirinya ingin membunuh Yahudi.

Bowers diketahui bergabung dengan situs Gab sejak Januari lalu. Dalam unggahannya di situs tersebut, selalu berisikan kemarahan dan anti-Semit. Ia mengatakan, orang-orang kulit putih akan menjadi korban pembunuhan Yahudi. 

Meski tak memiliki catatan kriminal, namun polisi menemukan Bowers memiliki izin kepemilikan senjata api yang aktif. Menurut data kepemilikan senjata, Bowers setidaknya telah membeli enam senjata api sejak 1996. 



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id