PM Australia Scott Morrison. (Foto: AFP)
PM Australia Scott Morrison. (Foto: AFP)

Kebakaran Hutan, PM Australia Batal Kunjungi India

Internasional kebakaran hutan australia
Willy Haryono • 04 Januari 2020 14:20
Canberra: Perdana Menteri Australia Scott Morrison telah membatalkan kunjungan kenegaraan ke India di tengah krisis kebakaran hutan yang melanda negaranya. Kebakaran hutan melanda tiga negara bagian Australia sejak September tahun lalu hingga saat ini.
 
Menurut laporan kantor berita Xinhua, Sabtu 4 Januari 2020. PM Morrison telah menginformasikan pembatalannya kepada PM India Narendra Modi via sambungan telepon.
 
PM Morrison telah menyerukan digelarnya pertemuan darurat di kantor Komite Keamanan Nasional (NSC) untuk mendiskusikan respons lebih lanjut. Usai pertemuan, diputuskan bahwa Australia akan mengerahkan 3.000 personel militer untuk membantu memadamkan kebakaran hutan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Peran dari Pasukan Pertahanan Australia (ADF) akan semakin besar dalam beberapa hari ke depan. Mereka akan melakukan tugas pengangkutan, evakuasi, akomodasi dan tugas-tugas lainnya di pusat pengungsian," kata PM Morrison.
 
Saat ditanya apakah Australia meminta bantuan dari luar negeri, PM Morrison menjawab: "Tentu saja."
 
Temperatur di wilayah selatan dan timur Australia diestimasi melampaui 40 derajat Celcius. Dilansir dari BBC, sejumlah pejabat daerah memperingatkan bahwa Sabtu ini, 4 Januari 2019, akan menjadi "hari yang berbahaya."
 
Sejak September 2019, kebakaran hutan di Australia telah menewaskan sedikitnya 23 orang.
 
Puluhan orang dinyatakan hilang dan sekitar 1.500 rumah hancur dalam musim kebakaran hutan terbaru di Australia. PM Morrison telah mengumumkan alokasi dana AUD20 juta atau setara Rp193 miliar untuk menyewa empat pesawat pengebom air.
 
Sejumlah pakar meteorologi mengatakan, sistem iklim di Samudra Hindia, atau dikenal dengan nama dipole, merupakan faktor utama di balik temperatur ekstrem di Australia yang memicu kebakaran hutan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif