Sumartini binti Manaungi Galisung asal NTB dan Warnah binti Ni’ing asal Karawang, dibebaskan dari hukuman mati di Arab Saudi. (Foto: Dok. KBRI RIyadh).
Sumartini binti Manaungi Galisung asal NTB dan Warnah binti Ni’ing asal Karawang, dibebaskan dari hukuman mati di Arab Saudi. (Foto: Dok. KBRI RIyadh).

Lolos dari Hukuman Mati di Arab Saudi, Dua WNI Dipulangkan

Internasional wni perlindungan wni
Fajar Nugraha • 24 April 2019 10:49
Riyadh: Pemerintah kembali berhasil membebaskan warga negara Indonesia (WNI) di Arab Saudi dari hukuman mati. Dua orang WNI perempuan itu, kini dipulangkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Riyadh.
 
Sumartini binti Manaungi Galisung asal NTB dan Warnah binti Ni’ing, asal Karawang, berhasil dibebaskan oleh KBRI Riyadh. Pihak KBRI selanjutnya memfasilitasi kepulangan mereka ke Tanah Air yang dijadwalkan akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu, 24 April 2019 pukul 13.20 WIB.
 
Kasus keduanya bermula saat majikan menuduh mereka telah melakukan ilmu hitam kepada keluarga majikan. Tidak hanya majikan yang menuntut hukuman mati tapi 15 anggota keluarga juga menuntut vonis yang sama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sepuluh tahun yang lalu, tepatnya 7 Januari 2009, keduanya telah divonis hukuman mati oleh Pengadilan Pidana Riyadh,” ujar Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Rabu, 24 April 2019.
 
“Upaya KBRI Riyadh dalam diplomasi kemanusiaan untuk menyelamatkan keduanya membuahkan hasil hingga Pengadilan Banding Riyadh membatalkan vonis mati tersebut,” tutur Dubes Agus.
 
Dubes Agus menambahkan, pada detik-detik terakhir saat KBRI menjemput mereka dari penjara menuju Bandara King Khalid Riyadh, keluarga besar majikan bahkan masih juga berusaha menggagalkan kepulangan mereka dengan meminta aparat berwajib untuk tetap menahan mereka di penjara.
 
Setelah melalui perdebatan yang alot, tim dari KBRI berhasil meyakinkan Pemerintah Arab Saudi, akhirnya keduanya dapat meninggalkan Arab Saudi menuju tanah air pada Selasa, 23 April 2019 pukul 15.20 dengan pesawat Oman Air.
 
“Sejak saya ditugaskan Presiden sebagai pelayan WNI di Arab Saudi selama 3 tahun 41 hari, kebebasan dua orang saudara kita ini adalah kesembilan kalinya, semoga Allah memberikan kebebasan para WNI yang kasus hukumnya masih dalam proses pengadilan,” tegas Dubes Agus.
 
“Pesan Presiden untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada semua WNI menjadi semangat KBRI Riyadh,” ungkapnya.
 
Kinerja KBRI di Arab Saudi patut diapresiasi. KepadaMedcom.idpada 28 Maret 2019, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menceritakan sebuah kisah mengenai salah satu diplomat Indonesia yang menyelamatkan seorang WNI di Jeddah.
 
Baca juga: Kisah Diplomat Indonesia Selamatkan WNI di Jeddah.
 
Menlu Retno menyebut diplomat tersebut memilikipassionkuat dalam memberikan perlindungan terhadap WNI. Suatu ketika, ia dihadapkan pada suatu kasus pembunuhan yang menjerat seorang WNI.
 
"Tidak, orang ini harus tetap dihukum mati," ujar Menlu Retno, mengutip ucapan pihak keluarga korban pembunuhan. Tidak pantang menyerah, diplomat RI berusaha mendekati pihak keluarga.
 
Salah satu yang didekati adalah ibu dari korban. Dengan intensitas pertemuan dan komunikasi intens, sang diplomat dan ibu korban berhubungan baik, bahkan menjalin suatu ikatan emosi.
 
"Suatu ketika, ibu korban jatuh sakit, dan diplomat kita membawanya ke rumah sakit. Setelah sembuh, ibu itu mengatakan kepada pengadilan, 'saya mengampuni dia (WNI yang terjerat kasus pembunuhan)," papar Menlu Retno.
 
"Saya suka merinding jika menceritakan yang seperti itu," lanjutnya.
 
Dari kisah tersebut, Menlu Retno menuturkan bahwa banyak dinamika terjadi di balik perlindungan WNI. Menurutnya, seorang diplomat harus berjuang ekstra keras dalam melindungi WNI di negara tempatnya ditugaskan.
 
https://www.youtube.com/watch?v=ghMzvoFJFbA
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif