Mendagri Turki Suleyman Soylu dalam sebuah acara di Ankara, 3 Oktober 2019,  (Foto: AFP/ADEM ALTAN)
Mendagri Turki Suleyman Soylu dalam sebuah acara di Ankara, 3 Oktober 2019, (Foto: AFP/ADEM ALTAN)

Turki Deportasi 11 Terduga 'Teroris' Prancis

Internasional turki isis
Willy Haryono • 09 Desember 2019 20:03
Ankara: Turki telah mendeportasi 11 "teroris asing" asal Prancis ke negara mereka pada Senin 9 Desember 2019. "Sebelas warga Prancis telah dipulangkan ke kampung halaman mereka," ujar pernyataan Kementerian Dalam Negeri Turki.
 
Pekan kemarin, Kemenlu Turki mengatakan bahwa 59 "teroris asing" telah dideportasi ke negara mereka masing-masing sejak 11 November. Pemulangan itu merupakan awal dari program deportasi teroris yang diserukan Presiden Recep Tayyip Erdogan.
 
Dari 59 "teroris asing" tersebut, 26 di antaranya dideportasi ke Amerika Serikat dan Eropa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Turki bukanlah sebuah penjara atau hotel 'area terbuka,'" tegas juru bicara Kemenlu Turki Ismail Catakli, dilansir dari AFP.
 
Selama ini Ankara mengecam sejumlah negara Barat yang enggan menerima kembali warga mereka yang telah pergi untuk berperang bersama kelompok militan Islamic State (ISIS) di Suriah dan Irak.
 
Saat ini, Turki mengklaim masih menahan sekitar 1.200 "teroris asing" ISIS. Catakli menegaskan bahwa otoritas Turki tidak akan segan-segan mendeportasi semua teroris asing.
 
Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylumengatakan pada November lalu bahwa pihaknya akan merepatriasi sebagian besar tahanan terkait ISIS pada akhir tahun ini.
 
Langkah deportasi ini akan memaksa sejumlah negara Barat untuk mengambiil tindakan dalam menangani warga mereka yang pernah berperang bersama ISIS.
 
Hingga saat ini, Kemenlu dan Kemendagri Prancis belum bersedia berkomentar mengenai langkah deportasi 11 warga mereka oleh Turki.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif