Ilustrasi grafik gempa bumi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi grafik gempa bumi. (Foto: Medcom.id)

Gempa Guncang Elazig Turki, Tiga WNI Selamat

Internasional Gempa Bumi turki
Marcheilla Ariesta • 25 Januari 2020 16:00
Ankara: Kedutaan Besar Indonesia di Ankara menyampaikan bahwa tiga warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Elazig, Turki, selamat dari gempa bumi. Gempa yang terjadi pada Jumat 24 Januari itu berkekuatan magnitudo 6,8.
 
"Melalui Anggota Satgas Perlindungan WNI yang ada di sekitar area gempa di Elazig diketahui terdapat 3 WNI. KBRI telah berhasil menghubungi salah satu dari mereka dan memperoleh informasi bahwa ketiganya dalam kondisi selamat," kata Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal dalam pernyataan yang diterima Medcom.id, Sabtu 25 Januari 2020.
 
Dubes Iqbal menuturkan pihaknya akan terus memantau perkembangan dan berkoordinasi dengan otoritas setempat terkait gempa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gempa bermagnitudo 6,8 ini mengguncang Turki pada Jumat malam, pukul 20.55 waktu setempat. Gempa diketahui berada di kedalaman 6,7 kilometer di wilayah Elazig.
 
Menurut keterangan resmi otoritas bencana Turki (AFAD), sejauh ini korban tewas mencapai 21 orang. Guncangan kuat juga melukai 553 orang.
 
Gubernur Elazig mengatakan delapan warganya tewas akibat gempa ini. Sementara Gubernur Malatya mencatat ada enam warganya yang meninggal.
 
Kuatnya guncangan dirasakan hingga ke beberapa negara lain seperti Suriah, Lebanon dan Iran.

 
Menurut data KBRI Ankara, terdapat 3.300 WNI yang tersebar di seantero Turki. Sebagian besar WNI di Turki adalah pelajar dan terapis spa yang bekerja di industri pariwisata.
 
KBRI Ankara telah membuka nomor hotline +90 532 135 22 98 bagi para WNI atau keluarga yang ingin mengetahui kondisi terkini.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif