Kota Kafr Nabuda yang dihantam serangan udara pemerintah Suriah. (Foto: AFP)
Kota Kafr Nabuda yang dihantam serangan udara pemerintah Suriah. (Foto: AFP)

Serangan Udara Suriah Tewaskan 15 Warga Sipil

Internasional krisis suriah suriah
Sonya Michaella • 23 Mei 2019 17:00
Damaskus: Serangan udara pemerintah Suriah menewaskan 15 warga sipil, 12 orang di antaranya tewas di sebuah pasar. Tak hanya itu, 18 orang juga luka-luka.
 
Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan, pasukan pemerintah berusaha mengusir militan Aliansi Hayat Tahrir al-Sham yang berafiliasi dengan Al Qaeda, di sekitar Kota Kafr Nabuda.
 
Dilansir AFP, Kamis 23 Mei 2019, wilayah ini telah disepakati gencatan senjata dibentuk Turki dan Rusia. Namun pemerintah Suriah yang didukung Rusia telah meningkatkan serangan mereka dalam beberapa pekan terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Serangan dimulai sejak Selasa malam ketika pesawat-pesawat tempur menghantam pasar Maarat al-Numan yang terletak di Provinsi Idlib. Pasar tersebut sedang ramai oleh warga yang berbelanja untuk sahur.
 
Baca:AS Duga Suriah Lancarkan Serangan Kimia di Idlib
 
Pesawat-pesawat tempur tersebut menjatuhkan bom tepat di gedung-gedung yang ada di dekat pasar.
 
Rusia juga dilaporkan meningkatkan serangan udara dalam beberapa pekan terakhir. Setidaknya, hampir 200 warga sipil tewas sejak 30 April kemarin.
 
Perserikatan Bangsa-Bangsa pun merilis bahwa populasi Idlib sekali lagi menghadapi ancaman. Sebanyak 19 fasilitas kesehatan pun diketahui tidak berfungsi.
 
Sementara itu, Suriah menuding Turki gagal mengamankan implementasi kesepakatan gencatan senjata dengan kelompok militan. Sebaliknya, Turki menuduh serangan Suriah tersebut mengancam perjanjian gencatan senjata.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif