Replika kapal HMS Endeavour di Sydney, Australia, 19 September 2018. (Foto: AFP/SAEED KHAN)
Replika kapal HMS Endeavour di Sydney, Australia, 19 September 2018. (Foto: AFP/SAEED KHAN)

Replika Kapal HMS Endeavour Akan Berlayar di Australia

Internasional australia
Arpan Rahman • 23 Januari 2019 13:19
Sydney: Replika HMS Endeavour akan berlayar di perairan Australia dalam memperingati 250 tahun pelayaran perdana kapal tersebut di bawah arahan penjelajah ternama Kapten James Cook. Kapal tersebut akan berlayar pada Maret 2020, dan kembali berlabuh pada Mei satu tahun setelahnya.
 
Perdana Menteri Scott Morrison mengumumkan bahwa pemerintahannya akan memberikan 6,7 juta dolar Australia atau setara Rp68 miliar kepada Museum Maritim Nasional Australia untuk pelayaran HMS Endeavour.
 
Uang tersebut merupakan bagian dari total dana 48,7 juta dolar Australia (setara Rp492 miliar) yang digelontorkan untuk memperingati 250 tahun pelayaran Kapten Cook.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PM Morrison mengatakan bahwa Kapten Cook, navigator ternama asal Inggris, adalah "alasan mengapa Australia dapat menjadi negara besar seperti sekarang ini."
 
"Seiring mendekatnya peringatan 250 tahun, kami ingin membantu warga Australia lebih memahami pelayaran bersejarah Kapten Cook dan warisannya untuk dunia penjelajahan, sains dan rekonsiliasi," ungkap PM Morrison, seperti dikutip dari laman ITV, Selasa 22 Januari 2019.
 
HMS Endeavour beserta James Cook dan para kru Angkatan Laut bertolak dari Inggris pada Agustus 1768. Pelayaran dilakukan untuk mencari benua Terra Australis Incognita.
 
Kapten Cook mencapai Selandia Baru pada Oktober 1769, dan tiba di lokasi yang sekarang dikenal dengan Botany Bay di New South Wales pada April satu tahun setelahnya.
 
Dari sana, Kapten Cook dan Endeavour berlayar di sepanjang pesisir timur Australia. Dia hampir menemui ajalnya saat Endevaour mengenai karang di Great Barrier Reef.
 
Endevaour kembali ke Dover pada Juli 1771, dan Kapten Cook -- anak petani dari Marton di North Yorkshire -- dikenal sebagai salah satu penjelajah terhebat di dunia.
 
Museum Maritim Nasional Australia menjalankan program pelayaran perdana replika Endevaour pada 1994. Sejak itu, pihak museum menjalankan program rutin pelayaran replika Endeavour ke beberapa destinasi, termasuk Selandia Baru dan sejumlah pulau di Samudra Pasifik.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif