Gempa 6,7 SR Guncang Lepas Pantai Fiji
Ilustrasi seismograf yang mengukur aktivitas tektonik. (Foto: AFP)
Suva: Gempa berkekuatan 6,7 Skala Richter (SR) mengguncang lepas pantai Fiji, Senin 19 November 2018. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut gempa tersebut tidak akan memicu gelombang tsunami karena episenternya terlalu dalam.

Seperti dilansir dari kantor berita AFP, USGS menyebut episenter gempa berada di kedalaman 543 km dan berlokasi 283 km dari Suva, ibu kota Fiji. Masyarakat Suva dan sekitarnya mengaku tidak merasakan guncangan.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik juga mengonfirmasi tidak adanya ancaman tsunami dari gempa yang terjadi pukul 09.25 waktu Fiji.


Perairan Fiji dan sekitarnya rentan dilanda gempa bawah laut. Dua bulan lalu, wilayah tersebut diguncang gempa 7,8 SR.

Awal tahun lalu, gempa berkekuatan 7,2 SR mengguncang Fiji. Setelahnya, peringatan tsunami pun sempat dikeluarkan oleh USGS. Evakuasi besar-besaran pun dilakukan ketika gempa melanda pada pagi menjelang siang hari.

Satu tahun sebelumnya pun Fiji juga dilanda gempa berkekuatan 6,8 SR. Gempa terjadi tak lama usai guncangan serupa melanda Tonga.

Fiji berdiri di Cincin Api atau Ring of Fire, zona aktivitas tektonik di sekitar Pasifik yang rentan dilanda gempa serta erupsi vulkanik.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id