Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat bertemu Presiden AS Donald Trump di Washington, 2017. (Foto: AFP)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat bertemu Presiden AS Donald Trump di Washington, 2017. (Foto: AFP)

Hormati AS, Turki Setop Impor Minyak Iran

Internasional amerika serikat turki
Sonya Michaella • 23 Mei 2019 06:47
Ankara: Turki secara resmi berhenti mengimpor minyak dari Iran dengan dalih menghormati sanksi-sanksi Amerika Serikat (AS). Turki termasuk di antara delapan negara yang dibebaskan dari sanksi dan diizinkan untuk terus mengimpor minyak mentah Iran.
 
Namun, pembebasan sanksi tersebut berakhir pada 2 Mei lalu dan belum diperbaharui oleh AS. Selain Turki, ada pula Tiongkok, India dan Jepang.
 
"Sebagai sekutu strategis AS, kami menghormati peraturan tersebut dan kami sudah berhenti membeli minyak mentah dari Iran," kata seorang pejabat pemerintahan Turki, dikutip dari AFP, Kamis 23 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Turki Yavuz Selim Kiran baru saja mengunjungi Washington dan bertemu dengan Presiden Donald Trump.
 
Kedua pihak membahas berbagai solusi di beberapa titik ketegangan, termasuk kerja sama Turki dan Rusia terkati sistem pertahanan rudal S-400.
 
Meski sempat ditahan AS, Turki tetap mempertahankan perjanjiannya dengan Rusia. Washington mengatakan, kesepakatan dengan Moskow tersebut merupakan ancaman bagi pertahanan Barat.
 
AS juga telah menangguhkan Turki dari program jet tempur F-35 sebagai upaya untuk menghentikan pembelian dari Rusia.
 
Hubungan AS-Turki juga sempat naik turun karena berbagai isu, termasuk dukungan AS untuk pasukan Kurdi yang dicap sebagai teroris oleh Turki. Selain itu, AS juga menolak mengekstradisi ulama Fethullah Gulen yang dituduh menginisiasi kudeta terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan pada 2016 silam.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif