ISIS Culik 130 Keluarga di Suriah Timur
Bendera hitam ISIS. (Foto: AFP)
Beirut: Kelompok militan Islamic State (ISIS) menculik sekitar 130 keluarga dari provinsi Deir Ezzor, Suriah. Kabar disampaikan grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights, Jumat 12 Oktober 2018 malam waktu setempat.

SOHR menyebut ISIS menculik 130 keluarga itu dari sebuah tempat penampungan orang telantar di Deir Ezzor. SOHR tidak merilis detail lainnya mengenai penculikan ini, namun menyebut pertempuran antara ISIS dan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) terjadi di Deir Ezzor.

Menurut SOHR pertempuran antara ISIS dan SDF meningkat secara dramatis dalam 65 jam terakhir, terutama di sisi timur Sungai Efrat. SDF meluncurkan serangan terhadap ISIS di Deir Ezzor bagian timur sejak 10 September. Sejak saat itu, pertempuran terjadi terjadi.


Seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu 13 Oktober, pertempuran berlangsung lama karena ISIS menggunakan berbagai taktik untuk menghentikan pergerakan SDF, seperti memasang ranjau darat atau melakukan bom bunuh diri.

Pasukan Suriah telah membersihkan militan ISIS dari banyak wilayah di provinsi Deir Ezzor, termasuk di kota yang memiliki nama sama dengan provinsinya. Sementara SDF berusaha memperkuat posisi mereka di wilayah utara provinsi tersebut.

Sejumlah laporan menyebut wilayah yang dikuasai ISIS di Suriah sudah menyusut hingga hanya satu persen dari total yang direbut grup ekstremis itu beberapa tahun lalu.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id