Palestina Peringati 70 Tahun Dijajah Israel
Seorang anak laki-laki asal Palestina ikut berunjuk rasa di perbatasan Gaza. (Foto: AFP)
Jakarta: Warga Palestina hari ini memperingati Hari Nakba (bencana) pada 14 Mei. Tanggal ini juga merupakan hari di mana Israel berdiri dan mulai menjajah Palestina.

Sejak tanggal itu, 70 tahun yang lalu atau tahun 1948, menjadi hari yang tak terlupakan bagi Palestina karena penjajahan dimulai dan berlangsung hingga saat ini.

Tahun ini, hari tersebut juga bertepatan dengan berdirinya Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Yerusalem.


"Kami melihat langkah ini sebagai tantangan kepada resolusi-resolusi PBB terkait solusi dua negara dan keputusan Majelis Umum PBB untuk tidak membuka perwakilan di Yerusalem sebelum mencapai hasil akhir untuk konflik ini," kata Murad Halayqa, ketua Komunitas Palestina di Indonesia, dalam keterangan tertulisnya kepada Medcom.id, Selasa 15 Mei 2018.

Dunia Islam dan Arab, serta dunia internasional juga mengecam keras atas tewasnya 55 warga Palestina akibat gempuran dari militer Israel di perbatasan Gaza.

"Kami menegaskan posisi kami dalam mendukung posisi resmi terakhir dari Presiden Mahmoud Abbas di mana kedubes AS di Yerusalem adalah tidak sah," lanjut Halayqa.

Halayqa juga menekankan bahwa komunitas Palestina di manapun mereka berada, secara tegas menolak pendudukan Israel dan mengusut semua pelanggaran HAM oleh Israel.

Ia juga mengucapkan terima kasih terhadap Pemerintah Indonesia atas sikapnya yang tegas dalam terus mendorong kemerdekaan Palestina untuk bebas dari jajahan Israel.



(WIL)