Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir. (Foto: Medcom.id/ Sonya Michaella).
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir. (Foto: Medcom.id/ Sonya Michaella).

Proposal Perdamaian Palestina Harus Sesuai Kriteria Internasional

Internasional israel palestina
Marcheilla Ariesta • 27 Juni 2019 12:44
Jakarta: Amerika Serikat (AS) merilis proposal perdamaian untuk Palestina dan Israel. Namun, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menolak rencana AS tersebut.
 
Sebagai salah satu negara yang selalu membela Palestina, Indonesia mengatakan proposal perdamaian yang diajukan harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan internasional.
 
"Pertama, harus terbuka kepada semua pihak yang terlibat. Kedua, harus inklusif, isu yang dibahas harus secara keseluruhan," tutur juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, kepada Medcom.id, Kamis, 27 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketiga, harus menghormati kesepakatan internasional yang telah disepakati sebelumnya untuk masalah Israel-Palestina selama ini," imbuh dia.
 
Arrmanatha mengaku sulit untuk menanggapi bagaimana proposal perdamaian tersebut. Ini dikarenakan pihaknya belum secara detail melihat proposal perdamaian tersebut.
 
Presiden Palestina Mahmoud Abbas menolak rencana Amerika Serikat (AS) mengucurkan dana sebagai ganti perjanjian damai antara Israel dan Palestina.
 
Baca juga:Palestina Tolak Perdamaian Dibayar Rencana Investasi AS
 
Abbas menolak rencana Gedung Putih untuk mengucurkan lebih dari USD50 miliar ke Palestina. Gedung Putih menawarkan paket stimulus ekonomi yang bergantung pada perjanjian damai antara Israel dan Palestina pada Sabtu. Sembari mengatakan akan dipresentasikan pada konferensi di Bahrain.
 
Namun, Abbas berkata kepada pers asing dalam sebuah pengarahan bahwa Palestina tidak akan menerima kesepakatan atau menghadiri konferensi di Ibu Kota Bahrain, Manama.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif