Wanita Arab Saudi. (Foto: AFP)
Wanita Arab Saudi. (Foto: AFP)

Usai Dicerai, Wanita Saudi Akan Dapat Notifikasi di Ponsel

Internasional arab saudi
Sonya Michaella • 07 Januari 2019 10:10
Riyadh: Kementerian Hukum Arab Saudi kini menetapkan bawah semua wanita Arab Saudi yang dicerai suaminya akan mendapatkan notifikasi lewat pesan singkat.
 
"Pengadilan Saudi akan mulai mengirim notifikasi perceraian, untuk melindungi hak wanita," sebut pernyataan Kementerian Hukum Arab Saudi, dikutip dari Aljazeera, Senin 7 Januari 2019.
 
Peraturan baru ini dibuat untuk melindungi hak wanita yang dicerai oleh suaminya tanpa sepengetahuan mereka, misalnya terkait tunjangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain mendapat notifikasi, wanita Arab Saudi juga bisa mengecek status pernikahan mereka di situs Kementerian Hukum atau mengunjungi pengadilan untuk mendapatkan salinannya.
 
Ide untuk membuat hukum seperti ini telah dipastikan datang dari Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Sebelumnya, ia juga menetapkan wanita boleh mengemudi mobil sendiri.
 
Hukum baru ini didukung oleh sejumlah kelompok HAM dan pegiat hak wanita. Namun mereka mendesak agar pemerintah juga bisa melonggarkan peraturan untuk perempuan Arab Saudi.
 
Misalnya saja, perempuan harus menggunakan abaya saat di depan umum dan kebijakan perwalian Arab Saudi di mana wanita harus mengantongi izin dari kerabat laki-laki untuk bekerja, bepergian, menikah, bahkan mendapatkan perawatan medis.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif