Ribuan Orang di Ibu Kota Israel Protes UU Negara Yahudi
Ribuan pengunjuk rasa mengibarkan bendera Palestina dalam memprotes UU Negara Yahudi di Tel Aviv, Israel, 11 Agustus 2018. (Foto: AFP/Ahmad GHARABLI)
Tel Aviv: Puluhan ribu orang berkumpul di Tel Aviv, Israel, Sabtu 11 Agustus 2018, untuk memprotes undang-undang baru yang menyatakan Israel sebagai negara Yahudi.

Protes yang dipimpin etnis minoritas Arab di Israel itu dilakukan sepekan usai demonstrasi serupa diikuti sekitar 50 ribu orang. Pekan lalu, unjuk rasa digelar atas nama komunitas Druze di Israel.

Setidaknya 30 ribu orang datang dalam demonstrasi terbaru di Tel Aviv. Meskipun sempat diminta untuk tidak mengusung bendera, para pengunjuk rasa melambai-lambaikan bendera Israel dan Palestina, sembari meneriakkan slogan kecaman terhadap UU terbaru.


Demonstrasi diadakan di Alun-Alun Museum Tel Aviv di bawah spanduk bertuliskan, "Tidak untuk UU (Negara Yahudi), katakan 'ya'untuk kesetaraan."

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu merespons unjuk rasa terbaru.

Baca: Palestina Ajak Dunia Intervensi UU Negara Yahudi Israel

"Kami akan terus mengibarkan bendera Israel dengan bangga dan menyanyikan lagu kebangsaan (Hatikva) dengan kebanggaan yang lebih besar," tulis dia di Twitter, seperti dikutip dari UPI, Minggu 12 Agustus 2018.

UU terbaru di Israel, yang disahkan pada Juli lalu, mendeklarasikan Israel sebagai "rumah nasional orang-orang Yahudi." Disebutkan pula dalam UU bahwa "masyarakat Yahudi memiliki hak istimewa untuk menentukan sendiri nasib dan arah bangsa Israel."

Tidak hanya itu, UU tersebut juga menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa resmi kedua Israel. Warga Arab di Israel berkisar 20 persen dari total populasinya.




(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id