Kapal tanker Adrian Arya yang sebelumnya bernama Grace 1. Foto: AFP
Kapal tanker Adrian Arya yang sebelumnya bernama Grace 1. Foto: AFP

Iran Tuduh Arab Saudi Tembak Kapal Tanker

Internasional arab saudi iran
Marcheilla Ariesta • 11 Oktober 2019 19:42
Teheran: Sebuah kapal tanker perusahaan minyak Iran terbakar usai ledakan dekat Jeddah, Arab Saudi. Insiden di kapal tanker minyak ini terjadi hampir sebulan setelah serangan di fasilitas minyak Aramco.
 
Dilansir dari Voice of America, Jumat, 11 Oktober 2019, pejabat Iran menyebutkan bahwa serangan tersebut berasal dari dua roket Arab Saudi. Namun, tidak ada respons dari Riyadh atas tuduhan ini.
 
"Arab Saudi menembakkan dua roket ke kapal tanker minyak Iran, dan menyebabkan kebocoran minyak di Laut Merah," kata kantor berita Iran, IRNA.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kapal yang dihantam ledakan adalah milik National Iranian Oil Company (NIOC) atau Perusahaan Minyak Nasional Iran.
 
"Para ahli percaya itu adalah serangan teroris," tulismereka.
 
Insiden ini mendorong ketegangan antara Iran, Arab Saudi dan Amerika Serikat. Sudah lama dua negara sekutu itu 'memusuhi' Iran, terlebih ketika AS menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran.
 
Setelah menarik diri dari perjanjian penting tersebut, AS menerapkan kembali sanksi yang melumpuhkan pada sektor minyak dan perbankan Iran dalam apa yang disebutnya sebagai kampanye ‘tekanan maksimum’.
 
Ketegangan meningkat lebih lanjut setelah serangan drone bersenjata dan rudal jelajah yang menghantam fasilitas minyak Saudi Aramco pada 14 September. Serangan yang melumpuhkan separuh dari total produksi minyak Kerajaan Saudi itu dituduhkan terhadap Iran. Namun, Teheran membantahnya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif