Grafik gempa bumi yang ditunjukkan alat seismograf milik USGS. AFP PHOTO / USGS
Grafik gempa bumi yang ditunjukkan alat seismograf milik USGS. AFP PHOTO / USGS

Lima Orang Terluka akibat Gempa 5,3 SR di Iran

Internasional gempa bumi iran
Willy Haryono • 11 Februari 2019 07:12
Teheran: Gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter di Iran bagian selatan melukai lima orang dan merusak sejumlah bangunan, Minggu 10 Februari 2019.
 
Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS menyebut episenter gempa berlokasi sekitar 15 kilometer dari kota Bandar Khamir, tepatnya di Selat Hormuz pada pukul 10.54 waktu setempat.
 
Seperti disitir dari situs Radio Farda, negara yang ikut merasakan guncangan gempa tersebut adalah Bahrain, Arab Saudi, Iran, Oman, Pakistan, Qatar, Uni Emirat Arab dan Afghanistan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kantor berita IRNA melaporkan bahwa guncangan kuat ini melukai sedikitnya lima orang, termasuk tiga perempuan.
 
Iran, negara yang berlokasi di beberapa patahan seismik, diguncang gempa 6,4 SR pada 25 November. Guncangan di dekat perbatasan barat Irak itu melukai lebih dari 700 orang.
 
Dua tahun lalu, provinsi Khuzestan yang berdekatan dengan Irak dilanda gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter. Guncangan dahsyat kala itu menewaskan ratusan orang dan melukai ribuan lainnya. USGS menyebutkan gempa saat itu berpusat 30 kilometer dari barat daya Halabja, dekat perbatasan timur laut Iran.
 
Getaran juga terasa selama 20 detik di Baghdad, ibu kota Irak, serta di provinsi lainnya di Irak. Di Provinsi Sulaimaniyah, yang terletak di wilayah Kurdistan, Irak, warga berlarian ke jalan saat gempa mengguncang dan ada beberapa kerusakan pada bangunan.
 
Angka terakhir korban tewas dalam tragedi tersebut mencapai 630 orang, dengan 8.100 terluka dan 70 ribu kehilangan tempat tinggal.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif