Kemenlu Serahkan Nenek Jumanti kepada Keluarga
Nenek Jumanti (tengah) kembali ke keluarga di Jember. (Foto: Dok. Kemlu RI)
Jember: Jumanti binti Bejo Bin Nur Hadi alias Qibtiyah Jumanah akhirnya tiba di Jember, Jawa Timur. 28 tahun putus kontak dengan keluarganya, Nenek Jumanti bertemu kembali dengan keluarganya.

Keluarga Nenek Jumanti sudah pada titik pasrah. Sekian tahun tak mendapat kabar, mereka sudah mengikhlaskan sang nenek. 

Tetapi, dengan upaya tim perlindungan WNI KBRI Riyadh, Nenek Jumanti akhirnya dapat kembali ke Tanah Air. Sebelumnya, ia diantar langsung oleh Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel dari Riyadh ke Jakarta.


Kementerian Luar Negeri RI dan KBRI Riyadh pertama kali mendapatkan laporan tentang Nenek Jumanti pada 9 Maret 2018, seperti keterangan tertulis dari Kemenlu kepada Medcom.id

Baca: Dari Arab Saudi, Dubes RI Dampingi Nenek Jumanti Pulang

Dalam laporan tersebut, Nenek Jumanti diketahui berangkat ke Arab Saudi pertama kali pada 14 Agustus 1990. Saat itu usianya 46 tahun. Sejak berangkat, ia tidak pernah ada komunikasi dengan keluarga di Jember. 

Nama Qibtiyah maupun Jumanti binti Bejo tidak tercantum dalam database KBRI Riyadh, KJRI Jeddah maupun Kemenlu.

Artinya ia tidak pernah meminta pelayanan apapun di Perwakilan RI selama 28 tahun keberadaannya di Arab Saudi. Ini membuat harapan menemukan sang nenek meredup.

Meskipun tidak ada tindak kekerasan, selama 28 tahun majikan tidak pernah memenuhi kewajibannya untuk membuatkan izin tinggal, memperpanjang paspor maupun memfasilitasi komunikasi dengan keluarga. Atas upaya KBRI, sisa gaji Nenek Jumanti berhasil diupayakan dari majikan. 




(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360