Koloni ubur-ubur di sebuah akuarium di Paris, Prancis. (Foto: AFP/JOEL SAGET)
Koloni ubur-ubur di sebuah akuarium di Paris, Prancis. (Foto: AFP/JOEL SAGET)

Ribuan Orang Disengat Ubur-Ubur di Pantai Australia

Internasional satwa australia
Willy Haryono • 07 Januari 2019 13:06
Queensland: Ribuan orang disengat ubur-ubur jenis bluebottle jellyfish di pantai Queensland, Australia. Otoritas setempat terpaksa menutup beberapa lokasi wisata di sepanjang pesisir Queensland.
 
Organisasi bernama Surf Life Saving Queensland (SLSQ) mengatakan lebih dari 2.600 orang menerima perawatan atas sengatan ubur-ubur sepanjang akhir pekan kemarin. Sengatan bluebottle menyakitkan, namun tidak membahayakan jiwa.
 
Sebagian besar insiden sengatan terjadi di pantai Gold Coast dan Sunshine Coast. Tercatat sekitar 13 ribu kasus sengatan ubur-ubur terjadi sepanjang pekan di Queensland -- tiga kali lebih banyak dari periode sama tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Juru bicara SLSQ menyebut meningkatnya kehadiran ubur-ubur bluebottle di Queensland sebagai sebuah "epidemik," sementara media lokal melabelinya sebagai "invasi."
 
Baca:Puluhan Wisatawan Tersengat Ubur-ubur di Pantai Selatan
 
Lisa-Ann Gershwin, seorang pakar ubur-ubur dari Australian Marine Stinger Advisory Services, menyebut kemunculan ubur-ubur bluebottle dalam jumlah besar ini sebagai sesuatu yang tidak biasa.
 
"Tiupan angin kencang yang tidak biasa terjadi telah mendorong koloni ubur-ubur lebih mendekat ke pesisir," ucap Gershwin, seperti disitat dari laman BBC, Senin 7 Januari 2019.
 
Namun dia menambahkan karena faktor cuaca juga tidak menentu belakangan ini, maka peningkatan jumlah ubur-ubur dapat dikatakan sebagai sesuatu "yang tidak abnormal."
 
Bluebottle biasanya ditemukan di laut dalam. Namun spesies ini dapat dengan mudah terbawa ke pesisir karena memiliki semacam "layar" di bagian belakang tubuhnya.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif