Lima Orang Tewas dalam Bentrok Pekan ke-31 di Gaza
Serangan udara Israel ke Gaza pada Juli 2018. (Foto: AFP)
Gaza: Lima warga Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka dalam bentrokan di tengah unjuk rasa pekan ke-31 di sepanjang perbatasan Jalur Gaza dan Israel, Jumat 26 Oktober 2018. Bentrokan sudah terjadi sejak Maret lalu.

Baca: Petani Gaza Tewas Terkena Tembakan Tank Israel

Menurut keterangan Pasukan Pertahanan Israel (IDF), 16 ribu orang berkumpul di sepanjang pagar perbatasan. Beberapa dari mereka melemparkan bom molotov dan granat, sementara IDF merespons dengan peluru tajam.


"Pasukan IDF beroperasi di tengah ancaman teror, dan kami bertekad terus melindungi masyarakat Israel," ungkap pernyataan resmi IDF, seperti disitat dari kantor berita Fox News.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan 232 orang terluka dalam bentrokan. Lima orang dikonfirmasi tewas di berbagai lokasi di sepanjang perbatasan Gaza dan Israel.

Demonstrasi dilakukan usai delapan serangan udara Israel melanda Gaza. Serangan itu merupakan respons dari peluncuran roket asal Gaza ke wilayah Israel pada Rabu pekan kemarin.

Di tengah kekerasan di sepanjang perbatasan, delegasi asal Mesir berusaha berkoordinasi dengan Israel dan Hamas -- kelompok penguasa Gaza -- untuk menciptakan semacam perjanjian gencatan senjata. Perjanjian diharapkan dapat meringankan beban warga Gaza yang pergerakannya diblokade Israel.

Laporan awal mengindikasikan perjanjian ini meliputi zona yang lebih besar untuk memancing ikan di Gaza. Perjanjian juga mengizinkan lebih banyak pasokan bahan konstruksi untuk memasuki Gaza.

Gaza telah diblokade Israel sejak 2007, yang memicu krisis kemanusiaan karena kurangnya akses warga terhadap obat-obatan, makanan, air bersih dan lainnya.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id