Petugas berusaha memadamkan kebakaran hutan di dekat kota Nelson, Selandia Baru, 8 Februari 2019. (Foto: AFP/NEW ZEALAND DEFENCE FORCE/CHAD SHARMAN)
Petugas berusaha memadamkan kebakaran hutan di dekat kota Nelson, Selandia Baru, 8 Februari 2019. (Foto: AFP/NEW ZEALAND DEFENCE FORCE/CHAD SHARMAN)

Kebakaran Hutan Selandia Baru Belum Dapat Dipadamkan

Internasional kebakaran hutan selandia baru
Willy Haryono • 11 Februari 2019 11:48
Wakefield: Kebakaran hutan di Selandia Baru diperkirakan masih berkobar untuk beberapa pekan ke depan. Namun, api sudah mulai bergerak ke wilayah yang tidak terlalu banyak dihuni warga.
 
Sekitar 3.000 warga di Wakefield, yang terletak di luar Nelson di South Island, dievakuasi sejak Sabtu 9 Februari, saat kebakaran hutan berada dalam radius dua kilometer dari kota tersebut.
 
Api mulai membakar wilayah hutan di Selandia Baru sejak pekan lalu. Hingga hari ini, Senin 11 Februari 2019, api telah melalap sekitar 2.300 hektare lahan di South Island.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Selandia Baru John Sutton mengatakan, meski kondisi sudah mulai membaik, kebakaran hutan belum dapat dipadamkan dan sulit diprediksi. Pihaknya menolak mengatakan bahwa situasi saat ini sudah dapat dikendalikan.
 
"Masih banyak titik api dan juga sejumlah area yang berpotensi dapat terbakar," ujar Sutton kepada awak media, seperti dilansir dari kantor berita AFP.
 
"Jadi, meski situasi berbahaya telah berlalu, masih akan ada petugas yang berusaha memadamkan api hingga Maret mendatang," tambah dia.
 
Direktur Regional Badan Pertahanan Sipil Roger Ball menyebut warga Wakefield dapat pulang ke rumah masing-masing malam nanti. Namun hingga pagi ini, status darurat masih diberlakukan di kota tersebut.
 
"Para warga harus memahami bahwa mereka harus dievakuasi lagi jika kondisi berubah sewaktu-waktu," sebut Ball.
 
Sementara warga di daerah perbukitan yang lebih dekat dengan titik api masih harus mengungsi hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.
 
Sumber utama api diduga berasal dari kerusakan perangkat pertanian. Namun, terdapat pula laporan adanya dua kebakaran kecil yang disebut polisi sengaja dipicu seseorang.
 
Sejauh ini, kebakaran hutan di Selandia Baru telah menghanguskan satu rumah warga. Tidak ada laporan korban tewas maupun luka.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif