Ilustrasi kecelakaan bus. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi kecelakaan bus. (Foto: Medcom.id)

Kecelakaan di Universitas Iran Tewaskan 10 Orang

Internasional kecelakaan bus iran
Willy Haryono • 26 Desember 2018 14:46
Teheran: Kecelakaan bus di area sebuah universitas ternama di Iran menewaskan sepuluh orang. Bus yang mengangkut 30 mahasiswa itu diketahui melaju keluar dari jalan raya dan menabrak sebuah tiang beton.
 
Menurut laporan kantor berita Tasnim, Rabu 26 Desember 2018, tujuh orang tewas seketika di lokasi kejadian di Universitas Islam Azad di wilayah barat laut Teheran. Satu hari setelah kejadian, Tasnim melaporkan jumlah korban bertambah menjadi sepuluh orang.
 
Data Organisasi Kesehatan Dunia di tahun 2013 menempatkan Iran di posisi ketujuh sebagai negara paling mematikan bagi pengemudi kendaraan bermotor. Otoritas Iran mencatat 16 ribu kematian terjadi di jalan raya dalam periode 2017-2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Upaya memodernisasi infrastruktur Iran terhambat kurangnya investasi. Sejumlah perusahaan asing seperti Peugeuot dan Renault juga terpaksa mundur dari Iran karena terkena imbas sanksi ekonomi dari Amerika Serikat.
 
Universitas Islam Azad menyebut kecelakaan diakibatkan pengemudi bus yang mengalami stroke. Namun sejumlah warganet Iran di media sosial menilai bus yang mengangkut puluhan mahasiswa itu sudah usang. Mereka juga menilai pemerintah Iran kurang memerhatikan kondisi jalan raya yang semakin memburuk dari waktu ke waktu.
 
Jurnalis bernama Mahmoud Sadri menuliskan di Twitter bahwa penggunaan "bus usang" oleh pihak universitas dapat dikategorikan sebagai "pembunuhan."
 
Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei telah menyampaikan belasungkawa atas "kecelakaan tragis" dalam sebuah pernyataan resmi.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif