Jurnalis Arab Saudi Menghilang

Putra Mahkota Arab Saudi Telepon Putra Jamal Khashoggi

Fajar Nugraha 22 Oktober 2018 12:55 WIB
arab saudi
Putra Mahkota Arab Saudi Telepon Putra Jamal Khashoggi
Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman menelepon putra Jamal Khashoggi. (Foto: AFP).
Dubai: Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, menelepon putra dari jurnalis yang terbunuh, Jamal Khashoggi. Raja Salman pun disebut-sebut juga menelpon anak tersebut.
 
Baca juga: Arab Saudi Akui Khashoggi Dibunuh di Konsulat.
 
Pernyataan dari Kerajaan Arab Saudi yang dikeluarkan oleh Saudi Press Agency, menyebutkan baik Raja Salman dan Pangeran Mohammed berbicara dengan putra dari Khashoggi, Salah.
 
"Baik Raja Salman dan Pangeran Mohammed mengungkapkan belasungkawa mereka kepada Salah," lapor Saudi Press Agency, Senin 22 Oktober 2018.
 
Tidak dijelaskan lebih lanjut perbincangan kedua tokoh Kerajaan Arab Saudi tersebut dengan Salah.
 
Khashoggi tewas di Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober, saat hendak merampungkan dokumen terkait perceraian. Pihak Arab Saudi mengatakan pada Sabtu 20 Oktober telah menangkap 18 orang yang berkaitan dengan kematian jurnalis itu.
 
Laporan bertolak belakang mengenai apakah Khashoggi sempat meninggalkan konsulat memicu penyelidikan. Tetapi secara terpisah seorang pejabat Arab Saudi mengatakan bahwa hilangnya Khashoggi didasarkan atas kesalahan informasi yang dilaporkan secara internal saat kejadian berlangsung.
 
Baca juga: Trump Tuding Arab Saudi Berbohong soal Kematian Khashoggi.
 
Menurut keterangan pejabat itu, Wakil Kepala Intelijen Arab Saudi, Ahmed Al-Asiri mengumpul tim beranggotakan 15 orang menemui Khashoggi di konsulat. Tim itu ditugaskan untuk meyakinkan Khashoggi kembali ke Arab Saudi.
 
Situasi menjadi memburuk saat Khashoggi bersuara lantang, tim pun panik. Dia kemudian dicekik dan mulutnya ditutup. Mereka mencoba untuk menutup mulut agar tidak teriak, tetapi korban akhirnya tewas. Pihak Arab Saudi menjelaskan bahwa niat pelaku bukan untuk membunuh Khashoggi.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id