Aktivitas di parlemen Iran di Teheran. (Foto: AFP/Getty/A. Kenare)
Aktivitas di parlemen Iran di Teheran. (Foto: AFP/Getty/A. Kenare)

Iran Sebut Komando Pusat AS Sebagai Grup Teroris

Internasional amerika serikat iran
Arpan Rahman • 17 April 2019 18:07
Teheran: Parlemen Iran telah menggelar pemungutan suara untuk menyatakan Komando Pusat Amerika Serikat di Asia Barat sebagai organisasi teroris. Pemungutan suara ini merupakan balasan usai AS menyebut Garda Revolusioner Iran (IRGC) dengan istilah yang sama.
 
Mayoritas anggota Majelis Permusyawaratan Iran menyepakati langkah balasan tersebut. Parlemen mendeklarasikan bahwa segala bentuk dukungan dari Komando Pusat AS atau CENTCOM akan dianggap Iran sebagai aksi terorisme.
 
Pada 8 April, pemerintahan AS di bawah Presiden Donald Trump secara resmi menyebut IRGC sebagai grup teroris. AS menuduh IRGC mendukung dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas teroris di seluruh dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pelabelan itu adalah kali pertamanya unit militer sebuah negara dinyatakan sebagai entitas teroris. Penetapan IRGC sebagai grup teroris efektif per Senin kemarin, yang juga bersamaan dengan sejumlah sanksi.
 
CENTCOM, didirikan pada 1983, meliputi Timur Tengah dan Asia Pusat dengan tanggung jawab utama di Afghanistan dan Irak.
 
Menteri Pertahanan Iran Amir Hatami mengatakan langkah AS menamakan IRGC sebagai organisasi teroris adalah bukti bahwa sanksi Washington terhadap Teheran tidak berjalan efektif.
 
"IRGC adalah institusi pertahanan yang berjuang bersama militer Iran dan unit lainnya dalam menjaga dan mengamankan integritas wilayah serta kemerdekaan negara," kata Hatami, dikutip dari laman UPI, Selasa 16 April 2019.
 
Sejumlah pejabat Iran mengatakan pelabelan IRGC sebagai grup teroris telah membuat masyarakat Iran bersatu menentang AS.
 
Memiliki sekitar 125 ribu personel, IRGC memiliki unit pasukan darat, air dan udara. IRGC adalah entitas unik karena juga terlibat dalam sektor perekonomian Iran. IRGC diestimasi menguasai sekitar 20 persen dari total perekonomian Iran.
 
Baca:Trump Labeli Pasukan Garda Revolusi Iran Organisasi Teroris
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif