Pemimpin kelompok militan Islamic State (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi. Foto: AFP
Pemimpin kelompok militan Islamic State (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi. Foto: AFP

Kematian Baghdadi Momen Penting dalam Perang Teror Global

Internasional isis
Medcom • 29 Oktober 2019 14:01
Singapura: Kematian pemimpin kelompok militan Islamic State (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi merupakan peristiwa penting dalam perang global melawan terorisme.
 
Baghdadi tewas dalam serangan oleh pasukan khusus Amerika Serikat di Suriah pada Minggu.
 
“Terorisme tetap menjadi ancaman serius di seluruh dunia, termasuk di Singapura,” ujar Kementerian Luar Negeri Singapura dalam sebuah pernyataan, dirilis dari Strait Times, Selasa, 29 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Singapura bergabung dengan koalisi melawan ISIS pada November 2014. "Sebagai anggota Koalisi Global untuk mengalahkan ISIS, Singapura tetap berkomitmen untuk memerangi terorisme global. Termasuk organisasi ISIS di Irak dan Suriah," ucap juru bicara kementerian dalam sebuah pernyataan.
 
"Kami berdiri dengan solidaritas dan semangat global dan mendukung kerja sama internasional untuk mengatasi terorisme dan melestarikan ideologi ekstremis," tambah dia.
 
Kematian Baghdadi diumumkan oleh Presiden AS Donald Trump dalam pidato yang disiarkan televisi. “Baghdadi telah bunuh diri dengan cara meledakkan rompi bunuh diri setelah terpojok di terowongan buntu ketika pasukan AS mendekat,” sebut Trump.
 
“Kami sedang menunggu hasil tes DNA dari jenazah Baghdadi untuk mengonfirmasi identitasnya,” jelas Trump.
 
Baghdadi yang berusia 48 tahun adalah pemimpin teroris paling senior yang terbunuh atau ditangkap sejak kematian Osama bin Laden dalam serangan serupa di Pakistan pada 2011.
 
Baghdadi merebut perhatian dunia pada Juli 2014 setelah mendeklarasikan kekhalifahan atas sebagian besar wilayah Suriah dan Irak. Kelompok ISIS melakukan kekejaman terhadap minoritas agama di wilayah tersebut.
 
Kelompok dan afiliasinya bertanggungjawab atas banyak serangan teroris di seluruh dunia dan menginspirasi para pendukung untuk melakukan plot di kota-kota termasuk Paris, Manchester, Berlin, dan Turki dalam beberapa tahun terakhir.
 

 

Penulis: Rifqi Akbar
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif