Bandara Abha di Arab Saudi yang menjadi target rudal pemberontak Yaman. (Foto: AFP).
Bandara Abha di Arab Saudi yang menjadi target rudal pemberontak Yaman. (Foto: AFP).

Bandara Diserang Bom, Arab Saudi Peringatkan Iran

Internasional arab saudi
Marcheilla Ariesta • 13 Juni 2019 14:52
Riyadh: Koalisi militer Arab Saudi siap balas dendam atas serangan rudal pemberontak Yaman di Bandara Saudi. Mereka menyalahkan dan menuduh Iran telah memerintahkan pemberontak Yaman melakukan serangan itu.
 
"Kelanjutan agresi rezim Iran dan eskalasi sembrono mereka, baik secara langsung atau melalui milisi, akan menghasilkan konsekuensi yang serius," ujar Wakil Menteri Pertahanan Pangeran Khaled bin Salman, dilansir dari AFP, Kamis, 13 Juni 2019.
 
Pemberontak Houthi Yaman meluncurkan rudal yang menghantam bandara sipil di resor pegunungan populer Abha. Akibatnya, 26 orang terluka serta ruang kedatangan rusak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami akan menghadapi kejahatan milisi Houthi dengan tekad tak tergoyahkan," kata Pangeran Khaled yang juga putra Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.
 
Baca juga:Houthi Serang Bandara Arab Saudi, 26 Terluka
 
"Penargetan ke bandara sipil memperlihatkan kecerobohan mereka kepada dunia. Bahaya yang ditimbulkannya juga memberi efek pada keamanan dan stabilitas regional," imbuh dia.
 
Iran dan pemberontak Yaman sama-sama Islam Syiah. Namun, selama ini Teheran selalu membantah memberikan lebih dari dukungan moral kepada pemberontak.
 
"Pemerintah Iran adalah satu-satunya pihak di wilayah itu yang telah melakukan peningkatan yang sembrono, melalui penggunaan rudal balistik dan kendaraan tak berawak (UAV) untuk secara langsung menargetkan instalasi sipil dan warga sipil yang tak bersalah," terangnya.
 
Menurut Khaled, selama 40 tahun Iran menyebarkan kekacauan dan kehancuran Timur Tengah dengan membiayai organisasi teroris, termasuk Houthi.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif