Mahmoud Abbas Terpilih kembali sebagai Ketua Komite Eksekutif PLO
Presiden Palestina Mahmoud Abbas (Foto: AFP).
Ramallah: Presiden Palestina Mahmoud Abbas terpilih kembali sebagai Ketua Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (Palestine Liberation Organisation/PLO).
 
(Baca: Holocaust Disebabkan Ulah Warga Yahudi Sendiri).

Seperti dilansir Middle East Monitor, Jumat 4 Mei 2018, Penunjukkan Abbas datang di hari terakhir pertemuan Dewan Nasional Palestina (PNC) di Ramallah, Tepi Barat pada Jumat 4 Mei 2018. Pertemuan PNC ditujukan untuk memilih Komite Eksekutif yang baru.
 
Komite Eksekutif merupakan badan paling senior dari PLO. Komite ini memiliki wewenang luas.
 
Sementara Presiden Abbas sendiri selama dalam pertemua PNC, sempat mengundang kontroversi dengan komentarnya mengenai kaum Yahudi. Abbas mengatakan bahwa Holocaust (peristiwa pembantaian warga Yahudi saat Perang Dunia II oleh Nazi), terjadi karena perilaku warga Yahudi di Eropa dalam lingkungan masyarakat.
 
Sontak komentar itu mengundang kecaman dari banyak pihak. Amerika Serikat (AS) dan Israel termasuk yang paling getol mengecam ucapan Abbas.
 
Menurut kedua pihak yang bersekutu erat itu, ucapan Abbas menunjukkan sikap anti-semit.
Abbas sendiri menyuarakan komentar tersebut berdasarkan buku yang dikarang oleh pengarang Yahudi.
 
"Kesimpulan dari buku itu adalah, kebencian terhadap Yahudi bukan didasarkan atas agamanya tetapi justu karena perilaku sosial mereka. Terutama terkait dengan usaha peminjaman ulang, perbankan dan lainnya," ujar Abbas, seperti dikutip SBS, Rabu 2 Mei 2018.
 
Tokoh yang akrab disapa Abu Mazen ini menyebutkan, pembentukan Israel sebagai proyek kolonial Eropa, dilakukan dengan menempatkan badan asing di kawasan ini
 
Tetapi menurut Abbas Palestina tidak perlu menjauhi Yahudi. Kedua warga harus hidup berdampingan demi pembentukan solusi dua negara.



(FJR)