Ilustrasi KDRT. (Foto: Medcom.id).
Ilustrasi KDRT. (Foto: Medcom.id).

Bertengkar dengan Istri, Turis Tiongkok Ditahan Polisi AS

Internasional peristiwa unik
Marcheilla Ariesta • 19 Februari 2019 19:00
New York: Kepolisian New York, Amerika Serikat (AS) menangkap seorang turis Tiongkok yang bertengkar di luar hotel tempatnya menginap. Lawan bertengkarnya adalah sang istri sendiri.
 
Konsulat Tiongkok di New York kemudian mengeluarkan peringatan pada seluruh warganya di sana lewat media sosial. Mereka mengingatkan kepada para pelancong dari Negeri Tirai Bambu, bahwa pertengkaran fisik di AS dianggap hal besar.
 
Mereka menuturkan, saat ini sang istri yang diketahui bernama Zhang, mendapat pertolongan dari konsulat. Sementara suaminya ditangkap kepolisian AS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dua pejalan kaki yang menjadi saksi mata melaporkan hal tersebut kepada polisi. Sang suami kini didakwa melakukan kekerasan dalam rumah tangga.
 
Akibat insiden itu, perjalanan keduanya kembali ke Tiongkok harus ditunda. Mereka diperbolehkan pulang jika sang suami menyelesaikan proses pengadilan dan menulis formulir pengajuan permohonan jaminan.
 
“Dari insiden ini, pasangan tersebut mendapat pelajaran dan kami berharap mereka menyesal,” kata Konsulat Tiongkok dalam pernyataan tertulis, dilansir dari South China Morning Post, Selasa 19 Februari 2019.
 
“Banyak warga Tiongkok berpikir pertengkaran fisik antarpasangan hanya merupakan urusan rumah tangga dan bukan urusan orang lain. Namun tidak di negara-negara Barat, seperti Amerika, insiden ini tidak hanya seperti masalah rumah tangga biasa,” imbuh mereka.
 
Konsulat memberi imbauan kepada para pelancong Tiongkok untuk tidak bertengkar dengan pasangan menggunakan kekerasan saat berada di AS, karena akan ditindak polisi. Mereka menambahkan, bahkan bertengkar dengan suara sangat keras juga bisa dilaporkan oleh tetangga ke polisi.
 
“Sebelum pergi ke AS, para wisatawan baiknya mengerti hukum Amerika dan regulasinya. Dan jangan lupa bahwa ada kultur yang berbeda antara kedua negara. Jadi sebenarnya insiden ini, di mana orang tanpa sadar menyebabkan konflik atau pelanggaran di AS, dapat dihindari,” pungkas mereka.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif