India Resmikan Rumah Sakit Khusus Gajah
Ilustrasi gajah. (Foto: AFP)
New Delhi: Untuk pertama kali, India menyediakan rumah sakit khusus untuk gajah. Rumah sakit gajah ini dibuka di negara bagian Uttar Pradesh.

Rumah sakit ini terletak cukup dekat dengan pusat konservasi dan perawatan gajah. Gajah yang terluka dan sakit akan dibawa ke rumah sakit yang baru diresmikan pada Jumat 16 November itu.

Fasilitas di rumah sakit ini juga cukup canggih. Salah satunya adalah sinar X-Ray nirkabel, pencitraan termal, ultrasonografi, perangkat penenang dan fasilitas karantina gajah.


Selain itu, rumah sakit juga dilengkapi unit pengerek medis untuk mengangkat gajah, alat penahan dengan kandang khusus untuk perawatan jangka panjang.

Dilansir dari kantor berita AFP, Senin 19 November 2018, rumah sakit khusus gajah ini juga boleh dikunjungi turis lokal maupun mancanegara, meski ada waktu tertentu untuk berkunjung.

Gajah adalah salah satu hewan yang dipuja sebagai simbol budaya dan agama di India. Di negara tersebut, gajah tak boleh diperlakukan buruk.

Namun, data pemerintah menunjukkan, populasi gajah di India menurun dari 30 ribu pada tahun 2012 menjadi 27 ribu lima tahun setelahnya.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id