Tengkorak 140 Bocah untuk Ritual Ditemukan di Peru
Tengkorak anak-anak yang ditemukan di Peru. (Foto: AFP)
Lima: Sejumlah arkeolog di Peru baru saja menemukan sisa-sisa tengkorak 140 anak-anak yang dikorbankan di sebuah ritual 550 tahun yang lalu.

Temuan ini pertama kali dirilis oleh National Geographic di mana tengkorak-tengkorak tersebut ditemukan di atas tebing di La Libertad yang menghadap ke Samudera Pasifik.

La Libertad adalah kawasan kuno tempat peradaban Chimu muncul. Mereka adalah kaum pra-Columbus kuno yang menyembah bulan.


Tebing ini terletak di luar kota pesisir barat laut Trujilo, kota terbesar ketiga di Peru yang memiliki 800 ribu penduduk.

"Pengorbanan manusia hanya dilakukan suku Aztec, Maya dan Inca. Skala pengorbanan manusia, khususnya anak-anak memang cukup marak di pedalaman," sebut pernyataan dari National Geographic, dikutip dari AFP, Jumat 27 April 2018.

Investigasi ini dilakukan oleh penjelajah Peru National Geographic dan sejumlah antropolog lainnya serta beberapa arkeolog.

Tak hanya tengkorak anak-anak, ternyata ditemukan juga tengkorak Ilama, hewan yang cukup langka di Amerika. 

Dari tengkorak yang ditemukan menunjukkan ada bukti pemotongan tulang rusuk di mana dada korban dipotong terbuka dan ditarik terpisah yang disinyalir untuk mengambil jantung.

Peneliti mengatakan, korban diduga berusia lima sampai 14 tahun. Tubuh mereka pun dikubur menghadap ke barat laut arah Andes. 

"Ini pembunuhan untuk ritual suku dan sangat sistematis. Mereka merobek korban dengan sangat rapi," ucap salah seorang peneliti.

Peradaban Chimu diketahui berada di sepanjang pantai Peru sampai hampir menuju Ekuador dengan dipimpin oleh suku Inca sekitar tahun 1475.




(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id