Ilustrasi dolar. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi dolar. (Foto: Medcom.id)

Penipuan Rp114 Miliar, Pangeran Palsu Divonis 18 Tahun Penjara

Internasional penipuan
Willy Haryono • 01 Juni 2019 20:06
Florida: Seorang pria asal Florida, Amerika Serikat, diketahui telah berpura-pura menjadi pangeran asal Arab Saudi selama hampir 30 tahun.
 
Dia dijatuhi vonis 18 tahun penjara atas kasus penipuan dengan nilai kerugian mencapai USD8 juta atau setara Rp114 miliar.
 
'Pangeran' palsu tersebut, yang berpura-pura menjadi Khalid Bin Al-Saud, diidentifikasi sebagai pria berusia 48 tahun bernama Anthony Gignac.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari laman India Today, Sabtu 1 Juni 2019, puluhan orang telah mentransfer uang ke rekening Gignac, dan berpikir bahwa 'sang pangeran' akan menginvestasikannya.
 
Namun Gignac menghabiskan puluhan uang korbannya untuk jet pribadi, kapal pesiar dan berbagai baju karya desainer ternama.
 
Tinggal di Fisher Island, Gignac sering mengendarai sebuah mobil Ferrari dengan pelat diplomatik palsu. Saat beraktivitas, dia dikelilingi sejumlah pengawal yang juga membawa dokumen diplomatik palsu.
 
Penipuan ini berlangsung selama hampir tiga dekade. Kebohongan ini baru terungkap setelah pengembang perumahan mencurigai Gignac yang tidak terlalu mempermasalahkan produk daging babi yang haram di kalangan Muslim.
 
Gignac ditangkap pada November 2017 dan dikenai 18 pasal, termasuk penipuan elektronik dan pencurian identitas.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif