Ilustrasi kelulusan mahasiswa. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi kelulusan mahasiswa. (Foto: Medcom.id)

Miliarder AS Lunasi Utang Mahasiswa Sebesar RP579 Miliar

Internasional amerika serikat
Arpan Rahman • 20 Mei 2019 14:52
Atlanta: Sekelompok mahasiswa lulusan baru di Atlanta, Amerika Serikat, terkejut saat seorang miliarder di bidang teknologi mengaku akan melunasi semua utang mereka yang bernilai USD40 juta atau setara Rp579 miliar.
 
Pengumuman mengejutkan itu disampaikan Robert F Smith di Morehouse College, sebuah institusi pendidikan yang semua mahasiwanya adalah laki-laki.
 
"Mewakili delapan generasi keluarga saya di negara ini, kami akan membantu kalian semua. Keluarga saya mendonasikan dana untuk mengeliminasi semua utang mahasiswa," ujar Smith, disitir dari laman Sky News, Senin 20 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Smith, CEO dari perusahaanVista Equity Partners,berharap para penerima donasi dapat langsung melunasi utang mereka masing-masing. Ia juga berharap semua mahasiswa lulusan Morehouse College "memiliki kesempatan yang sama untuk menyongsong masa depan."
 
Presiden Morehouse College David A Thomas menilai donasi Smith berimbas besar pada masa depan para mahasiswanya. Jika masih memiliki utang, sejumlah mahasiswa mungkin baru dapat melunasinya dengan kerja keras selama berdekade-dekade.
 
Beberapa pekan sebelum kelulusan, mahasiswa jurusan keuangan Morehose College, Aaron Mitcham, memprediksi utangnya baru bisa lunas dalam kurun 25 tahun. Itupun dengan catatan, pembayaran cicilan per bulan adalah separuh dari total gajinya.
 
"Kini saya tidak harus terus-menerus bertahan hidup dengan hanya memakan roti isi selai dan jeli. Saya terkejut. Jantung saya berasa copot. Kami semua menangis," ungkap Mitcham usai mendengar pengumuman donasi Smith.
 
"Rasanya seperti ada beban berat yang sudah terangkat sepenuhnya," sambung dia.
 
Donasi ini merupakan hadiah terbesar yang pernah diterima mahasiswa universitas manapun di AS. Rata-rata seorang mahasiswa di AS memiliki utang biaya pendidikan antara USD30 ribu (Rp434,5 juta) dan USD40 ribu (Rp579,3 juta).
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif