Julia Flores merayakan ulang tahun ke-118 di Sacaba, Bolivia, 26 Oktober 2018. (Foto: AFP/STR)
Sacaba: Wanita tertua di Bolivia, dan mungkin juga di dunia, menginjak usia ke-118 tahun pada Jumat 26 Oktober 2018. Otoritas Bolivia mengatakan Julia Flores masih terlihat sehat meski sudah berusia sangat senja.

Flores lahir di sebuah keluarga etnis Quechua di kawasan pertambangan di Potosi, Bolivia, pada 1900. Dikenal sebagai "Mama Julia," Flores merayakan hari ulang tahun bersama keluarga, sahabat dan otoritas local di Sacaba.

Bolivia, negara dengan tingkat rata-rata harapan hidup di angka 71 tahun, Flores adalah sebuah anomali. Jika usianya dapat secara resmi diakui global, maka dia akan menjadi manusia tertua yang masih hidup. Namun usia Flores ini belum dapat dikonfirmasi Guinness Book of Records.


"Ini merupakan hari yang baik bagi kami, untuk dapat merayakaan wanita tertua di negara ini," ucap Juan Carvajal, seorang pegawai negeri sipil di Sacaba kepada surat kabar Los Tiempos de Cochabamba, seperti dikutip oleh AFP.

Mengenakan pakaian tradisional Quechua lengkap dengan topi sombrero, Flores memainkan charango -- sejenis kecapi -- di pesta ulang tahunnya. Usai bermain, ia memakan kue ulang tahun.

Baca: Berusia 117 Tahun, Wanita Bolivia Masih Senang Bernyanyi

Diurus keponakannya, Augustina Verna, Flores tinggal di sebuah rumah kecil. Ia juga hidup dengan ditemani anjing, kucing dan ayam.

Menurut catatan Guiness, manusia tertua adalah wanita asal Prancis bernama Jeanne Calment yang meninggal pada 1997 di usia 122 tahun plus 164 hari.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id