Ular bermata tiga ditemukan di Australia utara pada Maret 2019. (Foto: NT PARKS AND WILDLIFE)
Ular bermata tiga ditemukan di Australia utara pada Maret 2019. (Foto: NT PARKS AND WILDLIFE)

Ular Bermata Tiga Ditemukan di Jalanan Australia

Internasional satwa peristiwa unik
Willy Haryono • 04 Mei 2019 20:04
Darwin: Otoritas satwa liar Australia mengunggah sejumlah foto yang memperlihatkan ular bermata tiga. Ular tak biasa itu disebutkan telah ditemukan di sebuah jalan raya di Australia bagian utara.
 
The Northern Territory Parks and Wildlife Service adalah pihak yang mengunggah serangkaian foto tersebut ke dunia maya. Ular dengan mata "ketiga" di bagian tengah kepalanya itu disebut sebagai hewan "unik sekaligus aneh."
 
Diberi nama Monty Python, ular jenis piton itu mati hanya beberapa pekan usai ditemukan pada Maret lalu. Sejumlah pakar hewan menyebut mata tambahan ular tersebut kemungkinan adalah hasil dari mutasi alami.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Petugas penjaga hutan menemukan ular bermata tiga itu di dekat kota Humpty Doo, sekitar 40 kilometer dari Darwin. Menurut keterangan otoritas setempat kepada kantor berita BBC, ular dengan panjang tubuh 40 sentimeter itu kesulitan mencari dan mengonsumsi makanan karena kelainan yang dideritanya.
 
Pemindaian Sinar-X memperlihatkan bahwa bayi ular tersebut tidak memiliki dua kepala yang menyatu. "Hanya ada satu kepala dengan tiga mata yang berfungsi normal," ujar petugas dari The Northern Territory Parks and Wildlife Service, dilansir dari laman BBC, belum lama ini.
 
Pakar ular Profesor Bryan Fry menjelaskan bahwa mutasi adalah bagian alami dari evolusi. "Setiap bayi memiliki beragam mutasi. Untuk kasus ular ini, mutasinya cenderung kasar," ujar Fry dari Universitas Queensland.
 
"Saya belum pernah melihat ular bermata tiga sebelumnya, tapi kami memiliki ular piton berkepala dua di laboratorium," sambung dia.
 
Dia menilai mata ketiga itu adalah "bagian kecil terakhir dari seekor ular yang terserap ke saudara kembarnya."
 
Ular Bermata Tiga Ditemukan di Jalanan Australia
Ular bermata tiga. (Foto:NT PARKS AND WILDLIFE)
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif