Gigi Hiu Purba Hilang Dicuri dari Situs Warisan Dunia
Fosil gigi dari hiu megalodon yang dikabarkan hilang di Australia (Foto: AFP).
Canberra: Sebuah fosil raksasa dari hiu prasejarah telah hilang dari lokasi rahasia di situs Warisan Dunia Australia yang terpencil. Kini pihak pejabat setempat terus melakukan pencarian.
 
Gigi yang terpelihara dengan baik, yang bisa berharga bagi pengintainya, diperkirakan berusia 2-2,5 juta tahun. Gigi dari hiu Megalodon, yang dianggap sebagai salah satu ikan terbesar dan paling kuat yang pernah ada.
 
"Itu sudah cukup jelas fitur di atasnya, sehingga Anda bisa melihat tepi gigi hiu bergerigi, itu mungkin salah satu spesimen yang lebih baik yang kita tahu," kata Arvid Hogstrom dari Parks and Wildlife di Western Australia, seperti dikutip AFP, Selasa 13 Maret 2018.
 
Hogstrom menambahkan gigi ini adalah salah satu dari sedikit spesimen Megalodon di Kawasan Warisan Dunia Ningaloo Coast. "Sangat sedikit orang tahu lokasinya," tambahnya.
 
"Ini bukan sesuatu yang mungkin ada di antara orang-orang dan mereka juga diminta untuk mengeluarkannya dari batu juga," katanya.
 
"Kami kira seorang kolektor amatir (telah mengambilnya) atau seseorang yang hanya ingin memiliki fosil yang duduk di atas perapian mereka," pungkas Hogstrom.
 
Hogstrom mengatakan bahwa timnya telah bekerja untuk melindungi fosil tersebut. Fosil dengan panjang sekitar 10 sentimeter, disembunyikan di bebatuan sambil mempertimbangkan berbagai pilihan untuk ketahanan jangka panjangnya.
 
"Tapi sayangnya ada yang mengalahkan kita," tuturnya.
 
"Di lokasi yang terpencil dan kami tidak memeriksa situs ini setiap hari, kami tidak yakin kapan hal itu hilang, namun kami mendapat laporan pada Jumat (terkait hilangnya fosil ini)," imbuh Hogstrom.
 
Hiu Megalodon, yang bisa tumbuh hingga 15 meter, diyakini telah punah 1,6 juta tahun yang lalu.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360