Ilustrasi suap. (Foto: Medcom.id).
Ilustrasi suap. (Foto: Medcom.id).

Tersangka Suap Tiongkok Akui Tiru Trik Film Hollywood

Internasional kasus korupsi tiongkok
Marcheilla Ariesta • 11 April 2019 18:00
Jining: Pejabat Tiongkok, Yang Guowen mengatakan dirinya meniru trik menyimpan uang suap dari film Hollywood. Dia diketahui menyembunyikan uang negara sebesar Rp316 miliar.
 
Pengadilan Rakyat Menengah Tongliao mendakwa mantan sekretaris Partai Komunis itu karena menerima suap. Yang tidak bisa menjelaskan asal-usul harta kekayaannya.
 
Laman AsiaOne, Kamis 11 April 2019 melaporkan, Yang menerima banyak suap sehingga bingung menyembunyikannya. Dia menyimpan uang-uang tersebut di berbagai lokasi tak terduga, seperti kandang ayam, gudang batu bara, hingga tangki air bekas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Total nilai barang-barang hasil suap Yang mencapai 20 juta yuan atau sekitar Rp42,1 miliar. Penyelidik juga mendapati ada sekitar delapan properti yang tidak dilaporkan Yang kepada pihak berwenang.
 
Yang juga ketahuan menyembunyikan uang hasil korupsinya ke sejumlah rekening milik teman.
 
"Dia terbukti menerima suap lebih dari 100 pengusaha dan pejabat selama 14 tahun, sebagai imbalan atas persetujuan promosi dan pemberian kontrak pemerintah," tutur polisi.
 
Padahal, Yang sempat disebut bersih dari korupsi. Saat masih pegawai biasa, dia menolak suap lebih dari 1 juta yuan atau sekitar Rp2,1 miliar.
 
Ia memulai kariernya sebagai pegawai di Biro Keuangan Kabupaten Liangcheng pada 1981. Setelah bekerja di sana 20 tahun, Yang akhirnya dipromosikan sebagai sekretaris partai dan pada 1998 ia menjabat Wakil Wali Kota Fengzhen.
 
Setelah kasus ini terungkap, istri Yang menyatakan mereka sebenarnya juga tak menggunakan uang hasil suap tersebut.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif