Jet tempur produksi Tiongkok J-10 melakukan aksi akrobat di sebuah pameran kedirgantaraan. (Foto: AFP).
Jet tempur produksi Tiongkok J-10 melakukan aksi akrobat di sebuah pameran kedirgantaraan. (Foto: AFP).

Militer Tiongkok Pangkas Personel Angkatan Udara

Internasional tiongkok
Marcheilla Ariesta • 22 Januari 2019 17:17
Beijing: Militer Tiongkok mulai memangkas personel di Angkatan Darat. Ini dilakukan untuk meningkatkan kekuatan Angkatan Laut, Angkatan Udara dan unit strategis lainnya.
 
Reformasi angkatan bersenjata Tiongkok ini dinilai menjadi lebih modern dan komprehensif.
 
"Data baru ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Tentara Pembebasan Rakyat (PLA). Hampir setengah dari unit non-kombatan menjadi sia-sia dan jumlah personel angkatan darat di PLA telah dikurangi hingga 30 persen," tulis media Xinhua yang dikutip South China Morning Post, Selasa 22 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka melaporkan empat cabang PLA lainnya, seperti AL, AU, pasukan roket, dan pasukan pendukung strategis lainnya bertanggung jawab dalam bidang perang siber.
 
Analisi militer yang bermarkas di Shanghai, Ni Lexiong mengatakan perombakan tersebut menandai perubahan strategis yang signifikan. Dia menyebutkan Beijing melenturkan 'otot-ototnya' di luar perbatasan nasuonal untuk melindungi kepentingan mereka di luar negeri.
 
Lexiong menambahkan cabang-cabang PLA itu, saat ini dapat memainkan peran yang lebih besar dalam hal konflik memerangi pasukan musuh di luar perbatasan Tiongkok.
 
"Militer Tiongkok dulu, beroperasi mengikuti model yang ditetapkan dalam perang dunia kedua. Itu harus direformasi dan dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan mendesak perubahan zaman. Ini tujuan dari perbaikan tersebut," tuturnya.
 
Proses perampingan PLA pertama kali diumumkan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada 2015 dengan janji mengurangi jumlah personel sebanyak 300 ribu. Saat ini Tiongkok memiliki dua juta prajurit pria dan wanita aktif. Ini menjadikan PLA sebagai angkatan bersenjata terbesar di dunia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi