Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.

Sempat Ditahan Tiongkok, 7 Pelaut WNI Bebas

Internasional tiongkok perlindungan wni
Sonya Michaella • 14 Mei 2019 06:00
Beijing: Tujuh pelaut asal Indonesia akhirnya bebas dari tuntutan hukum Tiongkok. Mereka sempat ditahan sejak 17 April 2019 oleh Badan Keamanan Laut Tiongkok (MSA) karena melanggar wilayah.
 
"Alhamdulillah perusahaan sudah kooperatif, mudah-mudahan bisa segera pulang," kata kapten kapal, Waryanto, dikutip dari Antara, Selasa 14 Mei 2019.
 
Waryanto dan enam awak kapalnya mengoperasikan kapal Jixiang berbendera Sierra Leone milik perusahaan pelayaran Taiwan. Kapal yang bermuatan gula dari Taiwan ini seharusnya menuju Hong Kong, namun Waryanto diperintahkan memutar melalui Shanghai dan dianggap melakukan pelanggaran wilayah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aksi ini membuat kapal Jixiang dan awak kapal WNI ditahan. Saat ditahan, perusahaan mengancam akan menaham ijazah dan gaji mereka jika tidak menjalankan kapal. Namun, Waryanto dan teman-temannya menolak karena melanggar peraturan.
 
Setelah melakukan pembelaan dan dibantu oleh KJRI Shanghai, akhirnya pihak perusahaan bersedia membayar denda yang ditetapkan oleh pihak MSA dan imigrasi Tiongkok.
 
Usai dibebaskan, Waryanto dan enam kawannya segera dipulangkan ke Indonesia. Kabar terakhir, mereka sedang terbang ke Singapura dan melanjutkan perjalanan ke Tanah Air.

 

(NUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif