Pemilih mengantre untuk mencoblos di Hong Kong. Foto: Istimewa.
Pemilih mengantre untuk mencoblos di Hong Kong. Foto: Istimewa.

PPLN Hong Kong Tak Pernah Larang WNI untuk Mencoblos

Internasional pilpres 2019
Sonya Michaella • 16 April 2019 12:40
Hong Kong: Menyikapi sejumlah pemberitaan tentang pemilihan umum di Hong Kong dan kericuhan yang terjadi di TPS Queen Elizabeth Stadium, Wan Chai, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Hong Kong menyatakan bahwa semua Warga Negara Indonesia (WNI) telah menyalurkan haknya dengan baik.
 
"PPLN Hong Kong bersama Panwaslu, Kepolisian Hong Kong serta Tim Pengamanan Polri serta tim monitoring dari KPU telah menyisir lokasi sekaligus memastikan bahwa tidak ada lagi calon pemilih yang tertinggal," sebut pernyataan dari PPLN Hong Kong yang diterima Medcom.id, Selasa 16 April 2019.
 
Pelaksanaan pemilu di Hong Kong dan Macau sendiri berlangsung selama 10 jam, dari pukul 09.00 pagi hingga 19.00 malam waktu setempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Pekerja Migran di Hong Kong Mengular Demi Nyoblos
 
Sekitar pukul 19.15 WIB, dipastikan seluruh calon pemilih sudah berada di gedung. Selanjutnya, seluruh calon pemilih, yang sudah mengantre di dalam gedung, menyalurkan hak pilihnya hingga pemungutan suara selesai sekitar pukul 19.40 di TPSLN 01-16.
 
Setelah proses pemungutan suara di seluruh TPS selesai, sekitar pukul 20.30 malam waktu setempat, sekelompok massa berjumlah 20 orang memaksa masuk ke TPS 10 untuk melakukan pencoblosan. Sebagian orang dari kelompok tersebut sempat terlihat di dalam dan di sekitar gedung sejak pagi hari.
 
Merujuk para peraturan KPU, PPLN dan Panwaslu Hong Kong sepakat untuk tidak mempersilakan sekelompok massa tersebut untuk mencoblos.
 
Sebelumnya, sempat beredar sejumlah video yang menyatakan bahwa pemilu di Hong Kong berlangsung cukup ricuh. Disebutkan pula ada sejumlah WNI yang tidak diperbolehkan untuk mencoblos dan antrean mengular.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif