Petugas memeriksa temperatur tubuh masyarakat di sebuah stasiun kereta api di Hangzhou, Tiongkok, 23 Januari 2020. (Foto: AFP/STR)
Petugas memeriksa temperatur tubuh masyarakat di sebuah stasiun kereta api di Hangzhou, Tiongkok, 23 Januari 2020. (Foto: AFP/STR)

Berlokasi Jauh dari Wuhan, Dua Kota Tiongkok Diisolasi

Internasional virus korona tiongkok
Willy Haryono • 04 Februari 2020 12:34
Taizhou: Dua kota di provinsi Zhejing, Tiongkok, diisolasi di tengah kekhawatiran wabah virus korona tipe Novel Coronavirus (2019-nCoV). Kota Taizhou dan Hangzhou kini ditutup total meski berlokasi cukup jauh dari Wuhan, kota di provinsi Hubei yang merupakan pusat penyebaran virus korona nCoV.
 
Dikutip dari laman AFP, Selasa 4 Februari 2020, isolasi berlaku untuk kota Taizhou dan tiga distrik di Hangzhou -- termasuk lokasi tempat berdirinya perusahaan teknologi raksasa Alibaba.
 
Lewat kebijakan isolasi ini, hanya satu orang dari masing-masing keluarga yang dibolehkan keluar rumah per dua hari untuk membeli berbagai kebutuhan pokok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Area yang terbentang antara Taizhou dan Hangzhou dihuni lebih dari sembilan juta orang. Sementara Wuhan, kota yang diyakini sebagai tempat awal kemunculan virus korona nCoV, telah ditutup total sejak 23 Januari.
 
Data terbaru Komisi Kesehatan Tiongkok menyebutkan total kematian akibat virus korona di Negeri Tirai Bambu mencapai 425 orang. Sementara dua kematian lainnya dilaporkan terjadi di luar Tiongkok, yakni masing-masing satu di Filipina dan Hong Kong.
 
Masih dari data komisi tersebut per hari ini, total infeksi virus korona yang telah terkonfirmasi di Tiongkok telah melampaui 20 ribu.
 
Sementara itu, sejumlah negara beramai-ramai mengevakuasi warga mereka dari provinsi Hubei. Senin kemarin, Lebih dari 200 warga Australia dievakuasi dari Wuhan dan bertolak pulang dalam penerbangan pesawat maskapai Qantas.
 
Jepang, Amerika Serikat, Jerman hingga Indonesia pun telah mengevakuasi warga masing-masing dari Hubei.
 
Selain evakuasi, beberapa negara juga membatasi atau bahkan melarang sepenuhnya penerbangan dari dan menuju Tiongkok. Indonesia juga berencana membatasi penerbangan dari dan menuju Tiongkok mulai Rabu besok.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif