Singapura Tanggung Biaya Hotel Kim Jong-un
Menlu Singapura Vivian Balakrishnan (kiri) dan Kim Jong-un (tengah). (Foto: AFP)
Singapura: Singapura menggelontorkan USD20 juta atau setara Rp278 miliar untuk mengongkosi pertemuan bersejarah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Singapura menyebut pengeluaran itu sebagai investasi perdamaian dunia.

Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan mengatakan, Negeri Singa juga menanggung penuh biaya menginap Kim Jong-un dan delegasi di Hotel St. Regis Singapura. Menurut dia, semua anggaran sudah disetujui Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

"Itu adalah bentuk keramahan kami," kata Balakrishnan seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 12 Juni 2018.


Balakrishnan menambahkan, separuh dari total biaya yang dikeluarkan Singapura dihabiskan untuk sektor pengamanan. "PM Lee tidak mempermasalahkan soal berapa banyak uang keluar untuk KTT. Ini adalah kontribusi Singapura bagi perdamaian kawasan dan global," tukasnya.

Trump dan Kim akhirnya memang bertemu di Singapura. Ini pertemuan pertama mereka. Setelah berbincang, Trump, Kim, dan delegasi makan siang bersama.

Delegasi AS akan terdiri dari Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Kepala Staf John Kelly, Penasehat Keamanan Nasional John Bolton, juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders, Duta Besar AS untuk Filipina Sung Kim dan Direktur Senior Dewan Keamanan Nasional Asia Matt Pottinger.

Sementara itu, delegasi Korut terdiri dari Wakil Ketua Partai Pekerja Korea Kim Yong-chol, Wakil Ketua Partai Pekerja dan Direktur Departemen Urusan Internasional Korut Ri Su-yong, Menteri Luar Negeri Ri Yong-ho dan Wakil Menteri Luar Negeri Korut Choe Son-hui. 



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id