Iran Tuding AS dan Separatis Arab Saudi Serang Parade Militer

Sonya Michaella 24 September 2018 08:36 WIB
isisiran
Iran Tuding  AS dan Separatis Arab Saudi Serang Parade Militer
Parade Iran seketika bubar karena diserang militan. (Foto: AFP)
Teheran: Presiden Iran Hassan Rouhani menuding separatis Arab Saudi atas serangan mematikan terhadap parade militer Iran, Sabtu 22 September lalu.

"Sangat jelas yang melakukan serangan ini adalah Front Populer Demokratis Ahwazi atau Al-Ahwazi, para separatis Arab Saudi," kata Rouhani, dikutip dari AFP, Senin 24 September 2018.

Selain separatis Arab Saudi, Rouhani juga menuding Amerika Serikat berada di balik penyerangan ini. Menteri Luar Negeri Iran Javad Sharif mengklaim bahwa serangan itu sudah dipersenjatai oleh pihak asing.


"Mereka yang menyebabkan malapetaka ini. Mereka jelas didukung Amerika Serikat (AS). Orang Amerika-lah yang  menghasut mereka," lanjut dia.

Baca: Presiden Iran Serukan Respons Keras atas Serangan Parade

Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan di kota Ahvaz melalui situs propaganda Amaq. Serangan terjadi sekitar pukul 09.00 pagi waktu setempat. 

Para pelaku melepaskan tembakan dari sebuah taman dekat parade. Mereka semua dilaporkan mengenakan seragam militer. Kantor berita IRNA menyebut anggota grup ekstremis diyakini berada di balik serangan.

Tiga penyerang berhasil ditembak mati di lokasi, sementara yang keempat berhasil ditangkap walau pada akhirnya mengembuskan napas terakhir akibat luka parah.

Parade digelar dalam rangka memperingati dimulainya perang Iran melawan Irak pada era 1980-1988. Parade ini digelar di beberapa kota di Iran. 

Ahvaz sendiri adalah satu dari beberapa kota di Iran yang dijadikan lokasi unjuk rasa anti-pemerintah dalam mengecam menurunnya standar kehidupan masyarakat dalam setahun terakhir.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id