Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Migrant Care: Kematian WNI saat Antre Paspor Jadi Ironi

Internasional wni
Marcheilla Ariesta • 01 November 2019 18:18
Jakarta: Direktur Eksekutif Migrant Care, Wahyu Susilo, mengatakan kematian Tamam, warga negara Indonesia (WNI) yang tengah mengantre paspor di KBRI Kuala Lumpur sangat ironi.
 
"Bagi saya ini ironi sekali. Baru beberapa hari lalu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengumumkan program kerjanya, yang salah satunya adalah diplomasi perlindungan. Sayangnya ini tidak dilakukan di perwakilan kita (Indonesia) yang ada di luar negeri," tutur Wahyu kepada Medcom.id, Jumat, 1 November 2019.
 
Wahyu tidak meragukan komitmen Menlu Retno dalam perlindungan WNI di luar negeri. Namun, menurut dia masih belum ada sinergi yang kuat antara Kemenlu dengan perwakilan RI di luar negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, Menlu Retno harus menegur pihak KBRI Kuala Lumpur atas insiden ini.
 
"Selain menegur, Menlu Retno juga harus memastikan bahwa pemberian paspor tidak hanya dilakukan sesuai bisnis seperti biasa," imbuhnya.
 
Wahyu menyarankan seharusnya sistem pembuatan paspor sudah bisa dilakukan secara digital. Di zaman sekarang ini, kata Wahyu, tak mungkin pekerja migran Indonesia di luar negeri, tidak memiliki ponsel pintar.
 
"Terlihat jika KBRI Kuala Lumpur tidak melakukan inovasi. Apalagi sekarang sudah zaman digital, harusnya dimanfaatkan," terangnya.
 
Kematian Tamam pertama diketahui dari unggahan Facebook salah satu pendiri Migrant Care Indonesia, Anis Hidayah. Anis mengatakan meninggalnya Tamam saat dia mengantre paspor di depan KBRI Kuala Lumpur.
 
Tamam dilaporkan tak sadarkan diri, kemudian meninggal saat mengantre paspor di KBRI Kuala Lumpur. Dari informasi keluarga, Tamam memiliki riwayat penyakit jantung.
 
Kini, jenazah Tamam telah dimakamkan di Pemakaman Islam Kuang, Sungai Buloh, Selangor, Malaysia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif