Situasi di depan Gedung Bawaslu, 22 Mei 2019. (Foto: AFP)
Situasi di depan Gedung Bawaslu, 22 Mei 2019. (Foto: AFP)

Australia Keluarkan Imbauan Perjalanan ke Indonesia

Internasional Demo Massa Penolak Pemilu
Sonya Michaella • 24 Mei 2019 06:45
Jakarta: Pemerintah Australia mengeluarkan imbauan perjalanan bagi warganya yang akan berkunjung ke Indonesia, terutama ibu kota Jakarta, untuk terus berhati-hati sehubungan dengan adanya kericuhan usai pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait pemenang pilpres.
 
Australia mengeluarkan pernyataan imbauan keamanan tingkat tinggi di situs resmi untuk perjalanan ke luar negeri dengan tautan smartraveller.gov.au.
 
"Hindari aksi protes, demonstrasi, dan unjuk rasa, karena ini bisa berubah tanpa peringatan. Kami belum mengubah tingkat imbauan, pemberlakuan tingkat kewaspadaan tinggi di Indonesia secara keseluruhan, termasuk Bali," sebut pengumuman dari situs tersebut, Jumat 24 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Prancis Minta Warganya Jauhi Pusat Kota Jakarta
 
Pemerintah Australia juga mengimbau warganya yang berada di Indonesia untuk menghindari tempat-tempat pelaksanaan aksi protes, demonstrasi, dan unjuk rasa.
 
Sejumlah kedutaan besar di Jakarta pun telah mengeluarkan imbauan senada untuk warganya seperti Amerika Serikat, Prancis dan Jepang. Bahkan, Kedubes Prancis yang terletak tak jauh dari Bawaslu, menutup layanan untuk sementara.
 
Sementara itu, perusuh unjuk rasa di Bawaslu ditangkap karena melawan petugas yang sedang bertugas. Mereka juga melakukan pengerusakan dan memaksa masuk ke gedung Bawaslu.
 
Ada sejumlah barang bukti diamankan saat aksi di Bawaslu. Yakni bendera hitam, petasan, telepon genggam dan mata uang asing senilai 2.760 dolar Amerika, jika dirupiahkan senilai Rp8,5 juta.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif