Pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: KCNA)
Pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: KCNA)

Kim Jong-un Sebut Misilnya Meluncur Indah Seperti Tim Akrobat

Willy Haryono • 07 Maret 2017 10:09
medcom.id, Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengawasi langsung peluncuran empat misil balistik yang terbang hampir sejauh 1.000 kilometer dan mendarat di Zone Ekonomi Eksklusif Jepang. 
 
Menurut laporan kantor berita Korean Central News Agency, Selasa 7 Maret 2017, Kim menyebut keempat misil itu meluncur "dengan sangat akurat dan terlihat seperti formasi tim akrobatik."
 
KCNA menyebut Kim Jong-un telah "memanjakan matanya dengan melihat sendiri jejak asap dari misil balistik." 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti dikutip The Washington Post, peluncuran keempat misil bertepatan dengan latihan militer gabungan Amerika Serikat (AS) dengan Korea Selatan (Korsel) di Semenanjung Korea. Korut menilai latihan tersebut sebagai persiapan invasi dari kedua negara. 
 
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan PM Korsel Hwang Kyo-ahn mengutuk keras peluncuran empat misil balistik Korut. Tiongkok, sekutu terdekat Korut, juga "menentang" peluncuran tersebut. 
 
Juru bicara untuk Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres mengutuk keras aksi Korut, yang disebutnya "melanggar resolusi DK PBB dan mengganggu perdamaian dan stabilitas kawasan."
 
Di Washington, juru bicara Gedung Putih Sean Spicer mengatakan bahwa "pemerintahan (Presiden Donald) Trump mengambil sejumlah langkah untuk melindungi diri dari misil balistik Korut. 
 
"Peluncuran konsisten dengan perilaku provokatif Korut sejak lama," tutur Spicer. "AS berdiri bersama sekutu-sekutunya dalam menghadapi ancaman yang sangat serius ini," sambung dia. 
 
Tiga dari empat misil balistik terbang sejauh 965 kilometer melewati langit Korut dan mendarat di Laut, di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang di Semenanjung Oga, prefektur Akita. 
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif