ilustrasi teror Medcom.id
ilustrasi teror Medcom.id

Ingin Gabung ISIS, Dua WN Jepang Segera Diadili

Internasional jepang isis
Sonya Michaella • 05 Juli 2019 09:21
Tokyo: Dua warga negara Jepang terancam diadili karena diduga berusaha bergabung dengan kelompok terorisme Islamic State (ISIS). Kasus ini merupakan yang pertama di Negeri Matahari Terbit itu.
 
"Kepolisian merujuk dua ornag kepada jaksa penuntut karena kedapatan ingin masukke Suriah," kata seorang juru bicara kepolisian, dikutip dari Strait Times, Jumat 5 Juli 2019.
 
Selain itu, ada tiga orang lainnya yang juga dicurigai dan telah ditangkap. Namun, polisi belum memberikan keterangan lebih lanjut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut laporan, satu dari lima orang yang kini ditahan sedang berencana untuk melakukan perjalanan ke Suriah pada 2014. Ia mengaku, ingin bergabung dengan ISIS sebagai militan kelompok.
 
Sementara, satu orang lagi adalah jurnalis lepas bernama Kosuke Tsuneoka dan pernah belajar hukum Islam Ko Nakata. Ia juga mengaku, mendapat informasi soal Suriah dari temannya.
 
Awal tahun ini, pemerintah Jepang sempat mengeluarkan surat perintah bagi Tsuneoka untuk menyerahkan paspornya saat ia berencana untuk pergi ke Yaman.
 
Penarikan paspor jurnalis ini menjadi perdebatan di Jepang apakah jurnalis harus dicegah pergi ke negara konflik, usai Jepang membebaskan seorang jurnalis dari Suriah, tahun lalu.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif