Ilustrasi kecelakaan truk. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi kecelakaan truk. (Foto: Medcom.id)

Truk Berpenumpang Pelajar Terguling di Thailand, 13 tewas

Internasional thailand kecelakaan truk
Willy Haryono • 29 September 2019 17:09
Bangkok: Tiga belas orang, sebagian besar adalah pelajar, tewas setelah truk yang mereka tumpangi terguling saat berusaha berpindah lajur di jalan raya Bangkok, Thailand, Minggu 29 September 2019.
 
Tayangan kamera pengawas CCTV memperlihatkan sekelompok orang di bagian belakang truk terlempar saat kendaraan tersebut terguling di wilayah pinggiran Bangkok.
 
"Dua belas orang meninggal seketika, dan satu lainnya di rumah sakit," kata polisi bernama Samran Chaytao kepada kantor berita AFP. Sembilan dari 13 korban tewas adalah pelajar yang baru saja menyelesaikan pelatihan mekanik untuk sebuah perusahaan lokal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Total 18 orang berada di truk yang terguling tersebut. Mereka semua, termasuk beberapa karyawan perusahaan, menaiki truk dalam rangka merayakan berakhirnya program pelatihan.
 
Dua dari lima korban selamat mengalami luka yang cukup parah.
 
Kecelakaan lalu lintas berujung kematian merupakan hal yang biasa terjadi di Thailand. Berbagai faktor berkontribusi terhadap tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Thailand, termasuk mengemudi ugal-ugalan, sopir yang mengonsumsi minuman beralkohol serta lemahnya penegakan hukum.
 
Meski sebagian besar korban tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Thailand adalah pengendara sepeda motor, insiden yang melibatkan bus serta truk sering menjadi sorotan global.
 
Maret tahun lalu, sedikitnya 18 orang tewas dan puluhan lainnya terluka saat bus yang membawa sekelompok turis dari resor wisata ternama tergelincir keluar jalan dan menabrak sebuah pohon.
 
Data terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan Thailand memiliki angka rata-rata 32,7 kematian dari 100 ribu orang. Angka tersebut relatif tinggi bila dibandingkan dengan beberapa negara lain, seperti Amerika Serikat dengan rata-rata 12,4.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif