Komandan Taliban Tewas dalam Serangan di Afghanistan
Pasukan Afghanistan berlatih di Kamp Militer Shorab di Lashkar Gah, provinsi Helmand, 27 Agustus 2017. (Foto: AFP/WAKIL KOHSAR)
Helmand: Salah satu komandan senior kelompok militan Taliban dilaporkan tewas dalam sebuah serangan udara di provinsi Helmand, Afghanistan. Pejabat setempat mengatakan komandan yang tewas itu bernama Mullah Abdul Manan Akhund.

Bertugas sebagai "gubernur" Taliban untuk Helmand selatan, Akhund tewas dalam serangan udara di distrik Nawzad pada Sabtu 1 Desember malam waktu setempat.

Taliban mengonfirmasi kematian salah satu komandannya. Grup itu menyebut kematian Akhund sebagai "kerugian besar," namun menegaskan perjuangan menggulingkan pemerintah Afghanistan tetap berjalan.


Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Najib Danish mengatakan kepada kantor berita AFP, Minggu 2 Desember 2018, bahwa kematian Akhund akan menurunkan moral Taliban.

Helmand adalah provinsi di mana pasukan Inggris disiagakan dalam delapan tahun terakhir, sebelum akhirnya ditarik pada 2014. Sebagian besar provinsi itu kini kembali ke tangan Taliban.

Riset oleh media BBC tahun ini memperlihatkan bahwa Taliban menguasai banyak wilayah di Afghanistan ketimbang periode yang sama pada 2014.

Diestimasi sekitar 15 juta orang -- separuh dari total populasi Afghanistan -- tinggal di daerah yang dikuasai Taliban atau di wilayah tempat para militannya berada dan siap melancarkan serangan.

Namun, terdapat upaya intensif untuk membujuk Taliban untuk mau berdialog damai demi menghentikan konflik. Taliban telah mengirim delegasi ke Rusia bulan lalu untuk mendiskusikan isu tersebut, namun masih menolak berdialog langsung dengan pemerintah Afghanistan.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id